SHARE
frommylips.com

“Menjadi tua itu pasti. Tetapi menjadi dewasa adalah pilihan!”

Kedewasaan seseorang tidak bisa dilihat dari seberapa tua usianya. Nyatanya ada orang yang sudah berumur namun dianggap kurang dewasa. Sebaliknya, ada yang masih muda namun telah dinilai dewasa oleh lingkungannya.

Kedewasaan pada diri manusia tidak datang begitu saja. Kedewasaan perlu dibentuk baik melalui kesadaran diri atau melalui banyaknya pengalaman hidup.

Merasa sudah dewasa? Sudah mengalami hal-hal ini belum?

 

1. Mulai bisa memahami diri

shutterstock.com
shutterstock.com

Biasanya kedewasaanmu ditandai saat kamu mulai mengenal diri sendiri. Kamu paham betul apa kelebihan dan kekuranganmu. Kamu juga tahu bagaimana cara menyenangkan diri. Intinya, kamu mulai menemukan sebuah jati diri dan terus mendalaminya.

 

2. Punya prinsip hidup

awordywoman.com
awordywoman.com

Kamu punya pegangan dalam menjalani hidup yang disebut dengan prinsip. Prinsip hidup membantumu untuk menentukan tujuan dan mau dibawa kemana hidupmu selanjutnya.

 

3. Berani mengambil keputusan

shutterstock.com
shutterstock.com

Kedewasaan seseorang bisa dilihat juga dari keberaniannya dalam mengambil keputusan. Bagaimana dia sanggup menanggung segala resiko dan bisa menyelesaikan dampak dari keputusan yang dia ambil.

 

4. Mandiri

theodysseyonline.com
theodysseyonline.com

Dewasa berarti kamu mampu berdiri di atas kaki sendiri. Berusaha melakukan segala hal sendirian sebelum meminta bantuan pada orang lain.

Yang paling penting ialah selalu yakin bahwa kamu tidak terus bergantung pada orang lain sebab kamu juga memiliki kemampuan untuk melakukan segalanya seorang diri.

 

5. Sadar tanggung jawab

smallbusiness.fedex.com
smallbusiness.fedex.com

Kamu memiliki kesadaran jika setiap manusia memiliki tanggung jawab. Baik tanggung jawab atas diri sendiri maupun orang lain. Kamu sadar harus bisa menjaga betul apa yang kamu miliki seperti harta, keluarga, dan juga amanah.

 

6. Melakukan penerimaan hidup

sallyclarkson.com
sallyclarkson.com

Semakin lama hidup maka semakin banyak ujian yang akan dilalui. Kamu merupakan sosok dewasa jika sudah mampu bersikap ikhlas atau melakukan penerimaan akan hidup.

Menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Bisa menerima ketentuan yang Tuhan telah berikan dan tetap melanjutkan hidup bagaimanapun rintangannya.

 

7. Bisa mengatur keuangan

markmanson.net
markmanson.net

Pandai mengatur keuangan adalah salah satu tanda jika kamu sudah dewasa. Kamu sadar jika menghambur-hamburkan uang amat merugikan.

Kamu pun akan belajar bagaimana cara berhemat karena kamu juga sadar bahwa mencari uang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

 

8. Bisa mengontrol diri

boilingpointimprov.wordpress.com
boilingpointimprov.wordpress.com

Dewasa adalah ketika kamu bisa mengontrol diri dengan baik. Dapat mengontrol emosi agar tidak meledak-ledak. Dapat mengontrol perasaan sedih maupun senang berlebih. Kamu mampu menempatkan diri sesuai dengan keadaan.

 

9. Paham arti kerja keras

quotesgram.com
quotesgram.com

Kamu sadar untuk mendapatkan sesuatu diperlukan sebuah usaha. Tanpa usaha kamu tidak akan mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, kedewasaan mampu membuatmu menghargai hidup dengan terus bekerja keras dan berjuang untuk masa depan. Memacu semangat agar tidak mudah menyerah adalah keharusan.

 

10. Lebih menghargai waktu

dailymail.co.uk
dailymail.co.uk

Kedewasaan membuatmu semakin sadar jika waktu terus berputar dan tidak bisa diulang kembali.

Oleh sebab itu, kamu selalu menghargai waktu demi waktu yang Tuhan berikan dan tidak pernah menyia-nyiakannya seperti misalnya, kamu selalu berusaha untuk tidak menunda pekerjaan yang ada.

Jadi, apakah kamu sudah bisa mengukur tingkat kedewasaanmu? Teruslah belajar untuk menjadi dewasa sebab kedewasaan membutuhkan proses.

Baca juga : Katanya Cewek Petualang, Tapi Kok Masih Kaya Gini?

LEAVE A REPLY