SHARE
Natural Homemade Facial Mask
www.corbymagazine.com

Bagi wanita, perawatan kulit wajah sudah jadi ritual yang wajib banget.

Kadang, berbagai cara rela ditempuh oleh para wanita, mulai dari perawatan wajah dengan kosmetik yang beredar di pasaran, hingga rutin pergi ke dokter kulit.

Ssst, asal kalian tahu, ternyata, kulkas atau rumah kalian menyimpan berbagai bahan yang bisa menjadikan kulit wajah halus dan bersinar. Apa aja sih bahannya? Yuk kita bongkar satu persatu.

 

1. Plain Yoghurt

yoghurt
Plain yoghurt, dari www.bbc.com

Percaya nggak percaya, yummy yoghurt yang selama ini kita konsumsi sebagai makanan bisa juga menjadikan wajah kita mulus jika rutin digunakan sebagai masker wajah. Yoghurt sangat ampuh dalam membasmi komedo yang membandel.

Kandungan susu dalam yoghurt sangat membantu menghaluskan wajah. Ditambah lagi, yoghurt memiliki tingkat keasaman yang pas untuk kulit wajah, sehingga sangat bersahabat dan nyaman digunakan sehari-hari.

Eits, tapi hanya gunakan plain yoghurt atau yoghurt tawar tanpa tambahan rasa, karena yoghurt ini tidak ada tambahan pemanis seperti yoghurt dengan rasa buah-buahan.

Nah, kamu bisa gunakan yoghurt setiap malam sebelum tidur dengan mengoleskannya tipis-tipis ke wajah. Tunggu hingga yoghurt kering. Setelah itu bilas wajah dengan air hangat. Rasakan sensasi dinginnya yoghurt di wajahmu dan setelah rutin menggunakannya selama beberapa hari, be ready to say “goodbye, komedo!”

 

2. Kulit Jeruk

kulit jeruk
Kulit jeruk, dari leebanisycream.com

Nah, bagi kalian yang memiliki masalah dengan minyak wajah berlebih, bisa nih coba pakai kulit jeruk untuk mengurangi minyak yang memang bikin risih dan bikin nggak pede.

Jangan salah, vitamin C tidak hanya terkandung dalam bulir bulir buah jeruk, melainkan juga terdapat di kulitnya. Kandungan vitamin C yang berlimpah dalam kulit jeruk itu, bakal sangat membantu mengurangi kadar minyak di wajah.

Setiap hari, sempatkan untuk memarut kulit jeruk yang sudah dicuci bersih dan setelah itu sesegera mungkin oleskan parutan tersebut secara merata ke seluruh permukaan wajah, atau jika tidak ingin repot-repot memarut, cukup oleskan bagian dalam dan luar kulit jeruk yang sudah di cuci secara bergantian ke wajah kita yang berminyak. Voila, minyak di wajah berkurang, wajah segar kembali!

 

3. Beras Putih

Beras Putih
Beras putih, dari seputarfitness.com

Makanan yang menjadi kebutuhan pokok, wajib, dan kegemaran mayoritas masyarakat Indonesia ini tidak hanya bisa membuat perut kenyang lho. Beras putih yang dijadikan masker ternyata sangat bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Caranya mudah, rendam beras putih dalam air hangat, diamkan selama 15 menit. Setelah itu, tumbuk beras putih dan oleskan di wajah. Selain ditumbuk, untuk memudahkan, beras dapat juga diblender. Gampang banget kan!

Dan yang paling menyenangkan lagi, setiap rumah di Indonesia pasti memiliki stok beras putih, jadi nggak ada salahnya dong buat mencoba masker beras putih yang super gampang dan bikin kulit halus ini?

 

4. Putih telur dan madu

telur dan madu
Putih telur dan madu, dari caraka-online.com

Sudah bukan rahasia lagi jika putih telur dan madu memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi kulit wajah.

Putih telur dengan kandungan protein dan vitamin yang tinggi, berguna untuk mengencangkan kulit wajah. Madu, dengan kandungan berbagai macam mineral di dalamnya seperti kalsium dan natrium, memberikan efek melembutkan di wajah.

Campurkan putih telur dan madu, lalu perlahan oleskan di wajah dengan kuas dan tunggu hingga mengering. Setelah dibilas, rasakan kulit wajahmu yang kencang dan lembut kembali.

 

5. Lidah Buaya

lidah buaya
Lidah buaya, dari nationalgeographic.co.id

Kebanyakan orang menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut. Padahal tumbuhan yang banyak ditemukan di pekarangan rumah orang Indonesia ini, sangat berguna bagi perawatan kulit, baik kulit tubuh, kulit kepala maupun kulit wajah.

Lidah buaya dapat menghilangkan jerawat dan flek-flek hitam. Selain itu, bonusnya, jika kita rajin menggunakan masker lidah buaya, ketebalan serta kesehatan alis dan bulu mata kita dapat semakin meningkat, karena lidah buaya dapat menjaga kesuburan rambut. Pokoknya, lidah buaya atau aloe vera ini tumbuhan yang all in one banget deh.

Kamu cukup oleskan lendir lidah buaya ke wajah termasuk bagian alis dan bulu mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat, tunggu sebentar dan selanjutnya bilas dengan air dingin. Khusus bagi kamu yang memiliki masalah dengan jerawat, sangat direkomendasikan untuk rutin setiap hari menggunakan masker alami lidah buaya ini. Feel the soothing effect they have!

So, tunggu apalagi, cek pekarangan rumah, kulkas dan dapur kamu ya. Siapa tahu semua bahan-bahan ini tersedia di rumah kamu sendiri. Jangan takut untuk rutin menggunakannya, karena ini adalah masker yang seratus persen alami. Kamu cukup pastikan semua bahan sudah dicuci bersih sebelum digunakan. Have a glowing and healthy face all!

LEAVE A REPLY