SHARE
malesbanget.com

Menunda-nunda adalah salah satu penyebab terlambat yang paling umum. Menjadi seseorang yang sering di juluki ‘Jam Karet’ adalah hal yang menyebalkan.

Untuk sebagian orang mungkin merasa tidak peduli dengan panggilan si tukang terlambat namun untuk sebagian orang lainnya akan merasa terhina jika mendapatkan julukan tersebut.

Untuk kamu yang sering merasa terburu-buru dan mulai gerah dengan kebiasaan seperti itu. Jangan khawatir, berikut ada 5 cara supaya kamu bisa lebih tepat waktu dan mengubah kesan jelek yang timbul dari julukan si ‘Jam Karet’.

 

1. Susun jadwal harian

create-a-writing-schedule
www.wts.edu

Salah satu cara yang ampuh untuk menghindari terlambat adalah buat jadwal harian kamu. Kamu bisa ambil buku catatan atau manfaatkan aplikasi notes di ponsel untuk kamu tulis semua daftar agenda kegiatan harian. Notes tersebut akan membantu kamu untuk mengingat dan mengatur jadwal harian kamu.

Dengan begitu, maka kamu bisa mengira-ngira hal mana yang harus diprioritaskan dan mana yang tidak. Kamu juga bisa mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan sebelumnya sehingga kamu tidak perlu terburu-buru.

 

2. Buat deadline sendiri

index
blog.talenta.co

Deadline palsu sangat membantu untuk kamu yang gemar menyelesaikan pekerjaan mendekati deadline. Buat deadline mu sendiri supaya kamu lebih terpacu menyelesaikan pekerjaan tersebut sebelum deadline sebenarnya tiba.

Mengawali pekerjaan memang hal paling sulit dilakukan, namun tak mungkin juga kamu tak mampu melakukannya. Upayakan untuk menghindari segala sesuatu yang mendadak.

 

3. Hargai waktu orang lain

respect-time
www.michaelleestallard.com

Menunggu adalah pekerjaan paling menyebalkan. Meski kamu bos atau seseorang yang penting dalam pertemuan tersebut, usahakan jangan buat orang lain menunggumu! Ingat kembali bahwa setiap orang juga memiliki kesibukannya masing-masing.

Anggap waktu mereka sama halnya dengan waktu yang kamu punya. Sama-sama berharga. Maka dari itu, sebaiknya berhenti merusak rencana awal dan hargai waktu mereka dengan datang tepat waktu. Cobalah untuk selalu menempatkan diri pada orang-orang yang sedang menunggu kamu.

 

4. Pertimbangkan akibatnya

deadline
www.qerja.com

Setiap kebiasaan buruk yang dilakukan, berpikirlah akan akibat yang terjadi. Kebiasaan buruk seringnya mempengaruhi hubungan kamu dengan orang lain.

Sangat mudah untuk seseorang mendapatkan reputasi buruk dari sebuah keterlambatan. Ketika kamu datang terlambat, orang disekitarmu akan memandang kamu tak bisa bertanggung jawab.

Bersihkan image burukmu itu dengan selalu memotivasi diri untuk bisa datang tepat waktu atau bahkan datang lebih awal dari waktu janjian kamu.

 

5. Yakinkan dirimu bisa berubah

motivation
salesdrive.info

Tidak akan ada yang berubah jika itu bukan dari kemauanmu sendiri. Terus berikan dirimu energi positif untuk selalu bisa datang lebih tepat waktu hingga kamu tak lagi menyandang julukkan si ‘Jam Karet’.

Mulai jadikan tepat waktu adalah kebiasaan baru kamu dengan melihatnya sebagai hal baik untuk dilakukan. Yakinkan dirimu bahwa datang tepat waktu merupakan salah satu cara untuk kamu bisa menghargai orang lain, menunjukkan sikap dapat dipercaya dan bisa diandalkan sehingga orang-orang tidak lagi kapok untuk membuat janji dengan kamu.

Secara umum, tidak ada orang yang ingin berurusan dengan orang yang gemar mengulur-ulur waktu, datang tak tepat waktu, dan suka menunda. Usahakan untuk selalu bisa on-time. Selain bisa menghargai orang lain, kamu juga akan mendapatkan kepuasan karena kamu bisa membuktikan komitmen yang kamu buat sendiri.

So, udah siap bikin janji hari ini? Say good bye buat si ‘Jam Karet’ ya!

 

LEAVE A REPLY