SHARE
dinporabudbanyumas
DinporabudBanyumas

Walaupun sudah bukan musim liburan namun tak ada salahnya mengambil beberapa day off dan pergi refreshing.

Apalagi jika sedang banyak tugas kuliah atau kerjaan di kantor. Berlibur sejenak bisa jadi cara untuk menghilangkan stress di kehidupan sehari-hari. Bersenang-senang ke tempat yang menarik dan makan makanan enak sudah tentu jadi favorit bagi semua cewek.

Kota Purwokero bisa jadi alternatif pilihan untuk berlibur. Purwokerto yang berlokasi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah merupakan kota kecil yang sudah banyak berkembang. Jadi jangan heran jika di sana sudah banyak tempat wisata untuk hiburan kamu. Apalagi Purwokerto punya banyak wisata alam yang keren dan bisa memanjakan matamu untuk lihat yang seger-seger.

Selain wisata alamnya, Purwokerto juga merupakan kota yang terkenal akan wisata kulinernya dan pastinya harganya murah! Nah, kalo kamu sudah memutuskan untuk berangkat ke Kota Satria ini, pastikan untuk melakukan hal-hal berikut.

 

1. Pergi ke Lokawisata Baturaden

dinporabudbanyumas
DinporabudBanyumas

Lokawisata Baturaden yang terletak sekitar 20 menit dari pusat kota Purwokerto memang tempat wisata yang mainstream sih. Tapi bagi kamu yang baru pernah ke Purwokerto wajib ke tempat ini biar afdol, biar terasa Purwokertonya.

Lokawisata Baturaden menawarkan pemandangan alam yang menawan dan dingin juga karena berada di kaki Gunung Slamet. Udara di Baturaden memang sejuk dan bersih, cocok untuk kamu yang penat dengan hiruk pikuk perkotaan. Ada banyak fasilitas disini seperti kolam renang, pemandian air panas, sepeda air, flying fox, bahkan kamu juga bisa bermain air di curug (air tejun) yang berada di dalam Lokawisata Baturaden lho.

 

2. Makan mendoan kriuk

explore banyumas
@explorebanyumas

Setelah puas menelusuri Lokawisata Baturaden, tiba-tiba perut kamu lapar, atau mendadak kamu pengin ngemil? Tenang, di Baturaden selain menawarkan pemandangan alam yang eksotis, disini juga tersedia makanan yang enak-enak. Salah satunya adalah mendoan kriuk.

Mendoan adalah salah satu makanan khas Banyumas berupa tempe mendoan yang di goreng setengah matang alias mendho.

Di terminal atas Baturaden yang berada tepat di sebelah pintu masuk Lokawisata Baturaden, banyak yang menjual mendoan kriuk. Mendoan yang dijual di sini adalah mendoan dengan tepung yang sangat banyak, makanya dinamakan mendoan kriuk.

Seprosi mendoan kriuk yang berisi 10 mendoan bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 25.000 saja, murah kan? Pas banget di cuaca yang sejuk kamu makan mendoan kriuk yang masih panas sembari menyeruput jahe susu.

 

3. Pergi ke Curug Gomblang

1472903903931
sumber: dokumentasi pribadi

Kabupaten Bnayumas menawarkan beragam wisata curug yang harus kamu cobain, salah satunya adalah Curug Gomblang. Curug yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng ini merupakan salah satu curug yang lagi sering dikunjungi orang-orang.

Sampai tahun kemarin, akses menuju Curug Gomblang memang masih sulit dikarenakan harus melewati jalan berbatu dan hutan untuk menuju ke curug ini. Bahkan parkir motor saja harus berada di tengah hutan. Namun karena penduduk setempat tahu potensi dari Curug Gomblang ini, maka dibukalah jalan menuju curug yang bisa dilewati motor dan mobil.

Berbagai fasilitas sudah tersedia di sini. Cukup Rp 5.000 kamu sudah bisa menikmati kesegaran air di Curug Gomblang. Kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang Curug Gomblang di selfie deck hanya dengan Rp 2.500 saja.

 

4. Makan Soto Sutri

kuliner
doyankuliner.com

Tak lengkap rasanya kalau ke Purwokerto nggak makan soto. Soto ini sudah terkenal di Purwokerto. Walaupun harus masuk gang dulu, namun Soto Sutri tetap banyak pengunjung. Soto Sutri terletak di Jalan pramuka, Sokaraja.

Soto Sutri yang terkenal dengan bumbu kacangnya ini memang enak banget, bahkan sudah banyak artis yang pernah makan disini. Kuah Soto Sutri adalah kuah tanpa lemak dan tidak menggunakan jeroan saat proses pembuatannya. Daging sapinya pun adalah daging pilihan dan empuk banget.

Sebaiknya ke sini sebelum jam 12 siang karena biasanya Soto Sutri sudah habis saat jam makan siang. Wow, pasti enak banget ya sampai cepat banget habisnya.

 

5. Pergi ke Small World Baturaden

explore banyumas
@explorebanyumas

Small World Baturaden adalah wisata paling baru di Purwokerto. Lokasinya nggak jauh dari Lokawisata Baturaden, tepatnya di Desa Ketenger. Sesuai dengan namanya, disini banyak miniatur bangunan terkenal di berbagai dunia misalnya Patung Liberty, Colosseum, Menara Pisa, Menara Eiffel, bahkan ada juga hamparan bunga tulip seperti di Belanda.

Pemilik lokawisata ini memang sering berlibur ke luar negeri dan ingin mengabadikan kenangannya dengan membuat miniatur dari beberapa negara yang pernah dia kunjungi. Tiket masuk Small Wolrd Baturaden adalah Rp 15.000 saat weekdays dan Rp 20.000 saat weekend.

Nah, itu dia tadi beberapa lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi di kota Purwokerto, Jawa Tengah. Explore terus tempat-tempat wisata di kota-kota lainnya di Indonesia yang nggak kalah menarik ya!

Baca juga : Buat Kamu yang Ngakunya Pecinta Seni? Galeri Ini Wajib Dikunjungi!

 

LEAVE A REPLY