SHARE
magicmum.com

Pagi-pagi sudah terserang kantuk? Duh, nyebelin juga ya. Padahal banyak sekali aktifitas yang harus dimulai di pagi hari.

Alhasil, timbul hasrat ingin menunda pekerjaan dan bermalas-malasan. Bawaannya ingin nempel di kasur lebih lama lagi.

Mata yang masih 5 watt di pagi hari membuat konsentrasi kita dalam melakukan aktifitas ikut menurun. Gak sedikit yang kadang salah mengambil barang atau gak nyambung di ajak ngomong. Lucu sih, tetapi tetap saja merugikan.

Kamu termasuk salah satu orang yang sering ngantuk di pagi hari? Coba deh lakukan beberapa kiat berikut supaya pagimu lebih produktif.

 

1. Jangan begadang

kesehatan96.blogspot.com
kesehatan96.blogspot.com

Kunci utama agar pagimu terhindar dari rasa kantuk, kamu harus tidur malam yang cukup. Gunakan waktu 7 hingga 8 jam untuk beristirahat. Jangan sering begadang kecuali memang ada hal-hal penting yang harus dikerjakan.

Kualitas istirahatmu di malam hari sangat berpengaruh pada stamina yang kamu peroleh di keesokan harinya.

 

2. Lakukan olahraga ringan

airsoftrevolution.com
airsoftrevolution.com

Olahraga tidak harus selalu di luar rumah dan melakukan kegiatan berat. Setelah bangun pagi usahakan rutin melakukan olahraga sederhana seperti peregangan tangan dan kaki, ataupun mengangkat barbel ringan.

Fungsi dari melakukan olahraga tersebut adalah agar otot-otot tubuh tidak kaku dan pastinya kamu tidak gampang lelah yang membuat ingin tidur lagi.

 

3. Sarapan

confusedsandals.com
confusedsandals.com

Banyak orang telah melewatkan sarapan pagi setiap harinya. Padahal, sarapan penting untuk menjaga konsentrasi dan melawan kantuk.

Sarapanlah walaupun hanya minum segelas susu dan memakan satu buah apel. Jangan biarkan perut kosong sebab ketika perut kosong tubuh akan mudah letih sehingga rasa kantuk lebih mudah menyerang.

 

4. Jangan malas mandi

mindbodygreen.com
mindbodygreen.com

Walaupun aktifitasmu di luar rumah tidak terlalu pagi, tetapi jangan tunda untuk mandi pagi. Air kamar mandi yang segar bisa membuat rasa kantukmu di pagi hari hilang seketika.

Selain itu, dengan membersihkan tubuh dapat meningkatkan rasa bahagia di dalam diri yang akan memicu otak untuk terus aktif bekerja sehingga tidak mengantuk lagi.

 

5. Lakukan aktifitas pengalihan

footage.framepool.com
footage.framepool.com

Ketika rasa kantuk membuatmu serasa ditarik kembali oleh kasur, segeralah cari aktifitas pengalihan.

Kamu bisa menonton TV, membereskan kamar, menyiram tanaman, atau jalan-jalan di sekitar kompleks rumah untuk menghirup udara segar. Banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan dari pada tidur di pagi hari.

Ingat, kualitas harimu bergantung dari bagaimana kamu memanfaatkan waktu pagi. Jadi, jangan suka tidur saat matahari terbit ya!

Baca juga : Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Lakukan 5 Cara Ini!

LEAVE A REPLY