SHARE
www.srcreatives.com

Bulan September lalu adalah batas akhir pembuatan e-KTP. Lewat dari bulan itu, maka masyarakat akan dikenakan sanksi administrasi.

Alhasil kantor-kantor pemerintahan dibanjiri masyarakat yang ingin membuat e-KTP. Saking banyaknya yang ingin membuat e-KTP, masyarakat harus rela mengantri, sebab petugas yang ada jumlahnya sedikit.

Nah, biasanya kalau foto KTP terlalu banyak orang yang mengantri, jadi tukang fotonya main ambil-ambil gambar aja. Dan kebanyakan hasil foto kita di KTP terlihat jelek. Padahal kan sekarang KTP berlaku seumur hidup. Masa foto buat seumur hidup jelek sih, kan malu!

Sekarang gak usah khawatir, Pedava punya tips biar foto KTP kamu atau foto ID card lainnya bagus. Mau tau rahasianya? Ini dia ulasannya.

 

1. Hindari memakai pakaian yang warnanya sama dengan kain latar

Foto ID card biasanya terdapat kain sebagai latar belakang untuk foto yang berwarna biru atau merah. Jadi kalau mau foto untuk ID card hindari dua warna itu. Lalu kalau ingin mengambil foto paspor hindari pakai baju warna putih.

 

2. Senyum dikit

Image result for smile in the id card
Senyumnya sedikit aja, dari twitter.com

Supaya hasil foto ID card kamu bagus, ada baiknya kamu senyum ‘secukupnya’. Dikit aja, gak perlu sampai keliatan gigi. Kalau perlu kamu bisa latihan dulu untuk menampilkan senyum terbaik kamu. Supaya begitu di foto kamu akan terlihat lebih santai dan juga percaya diri.

 

3. Rileks

Image result for relax
Rileks-in diri sebelum ambil foto, dari www.cheatsheet.com

Yang mau membuat e-KTP atau ID card lainnya kan bukan cuma kamu. Jadi wajar kalau kamu harus sedikit mengantri. Biasanya saat menunggu, kita lama-lama akan bête dan begitu masuk untuk foto, kerutan-kerutan bête-nya masih keliatan. Sebelum giliran kamu, usahain kamu rileks dulu biar kerutan bête-nya hilang dan hasil fotonya jadi bagus.

 

4. Gerai rambut

Image result for how to look good in passport photos
www.flare.com

Jika ingin hasil foto ID card kamu bagus, jangan ikat rambut kamu. Biarkan rambut kamu tergerai. Perlu diingat meski udah digerai rambutnya, tapi jangan di gerai dibelakang bahu. Biarkan rambut kamu jatuh dengan posisi di leher dan bahu. Dijamin hasilnya akan jauh lebih bagus.

 

5. Ketahui angle yang bagus

Image result for how to look good in passport photos
www.glamasia.com

Ketika mengambil foto untuk ID card biasanya kita akan langsung melihat ke arah kamera. Itu dia yang membuat seringkali hasil foto kita terlihat buruk. Saat foto, wajah fokus ke kamera tapi naikkan sedikit dagu kamu. Jangan terlalu tinggi, soalnya kalau terlalu tinggi fokus fotonya yang ada justru ke lubang hidung kamu. Dagu yang terangkat sedikit akan menyamarkan mata panda kamu saat di foto nanti.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat buat kamu, ya!

 

LEAVE A REPLY