SHARE
cdn.klimg.com

Sepatu merupakan fashion item yang juga tak bisa dilewatkan begitu saja oleh wanita.

Berbagai model, warna, dan kualitas banyak dibuat oleh produsen-produsen sepatu demi memuaskan hasrat konsumen untuk memiliki sepatu yang terbaik. Namun sebagai konsumen, kita jangan melupakan faktor yang paling utama, yaitu kenyamanan.

Kebanyakan wanita membeli sepatu hanya melihat model, merk, dan harganya yang terjangkau. Hal ini mengakibatkan banyak penyesalan yang terjadi ketika ternyata muncul ketidaknyamanan karena kurang cermat saat membeli. Oleh karena itu, sebelum membeli, kamu harus perhatikan 6 hal dibawah ini supaya kamu mendapatkan sepatu yang pas dan berkualitas.

 

1. Cermati ukuran kaki

http://2.bp.blogspot.com/
2.bp.blogspot.com

Kaki kamu mungkin akan berubah ukuran panjang dan lebarnya dari tahun ke tahun seiring dengan bertambahnya usia. Pastikan saat kamu membeli, kamu memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kakimu yang sekarang.

Sebaiknya cobalah ukur kakimu saat kamu dalam posisi berdiri, karena dengan berdiri kaki akan melebar, dan kamu akan mengetahui ukuran kakimu yang sesungguhnya.

 

2. Ketahui ukuran sepatu

http://www.afr.com/
www.afr.com

Setelah kamu mengatahui secara pasti ukuran kakimu, pastikan juga ukuran sepatu yang hendak kamu beli. Bandingkan lebar kakimu dengan lebar sepatu, berdiri dan letakkan sepatu di sebelah kakimu. Bandingkan mana yang lebih besar? Sepatukah atau kakimu? Dan setelah kamu mengetahuinya, hindari memilih sepatu yang lebih sempit walaupun kamu benar-benar menyukainya.

 

3. Mencoba sebelum membeli

http://cdn.klimg.com/
cdn.klimg.com

Agar kamu tak menyesel setelahnya, pastikan kamu sudah mencoba sepatu tersebut di kedua kakimu sebelum membeli. Biasanya setiap ukuran sepatu tidak sama diberbagai negara, bahakan untuk setiap merk. Dengan mencoba keduanya, kamu juga bisa memastikan kenyamanan saat menggunakan sepatu tersebut, sebab beberapa orang memiliki ukuran kaki yang tidak sama antara bagian kanan dan kirinya.

 

4. Beli sepatu di sore hari

http://cdn-2.tstatic.net/
cdn-2.tstatic.net

Sebaiknya, lakukan pembelian sepatu pada sore hari. Mengapa? Karena pada umumnya kaki manusia menjadi membesar dengan ukuran maksimal setelah menjalani aktivitas seharian pada sore hari. Oleh karena itu, bisa saja sepatu yang mungkin sangat nyaman kamu gunakan saat pagi hari, bisa menjadi sempit pada sore hari. Jadi, sore hari merupakan waktu yang tepat untuk membeli sepatu karena kamu bisa mengetahui ukuran kaki yang sebenarnya.

 

5. Perhatikan bahannya

http://www.infonitas.com/
www.infonitas.com

Memilih sepatu biasanya karena modelnya sedang tren masa kini. Namun pastikan juga bahan sepatu yang kamu pilih memiliki bahan yang fleksibel dan memungkinan kaki dapat bernafas serta berkualitas baik, seperti pada bahan sepatu kulit, kanvas, atau nylon. Hindari juga memilih sepatu dengan bahan yang dapat mengakibatkan adanya gesekan pada kulit secara terus-menerus yang bisa menyebabkan lecet pada kakimu.

 

6. Cermati kerapihan sepatu

http://i.dailymail.co.uk/
i.dailymail.co.uk

Selain model dan warna yang menarik, memilih sepatu juga perlu memperhatikan kualitas dari kerapihan jahitannya. Jahitan yang rapi mengindikasikan sepatu yang kamu pilih tidak dibuat asal-asalan dan telah lulus quality control. Bila yang kamu pilih memiliki jahitan dan bentuk yang kurang rapi, sebaiknya jangan ragu untuk tidak membelinya. Sayangi kakimu melebihi bentuk manis dari sepatu itu ya!

Baca juga : 6 Jenis Baju Wanita Sepanjang Masa yang Bisa Kamu Simpan Sampai Tua

LEAVE A REPLY