SHARE
thejournal.ie

“Hujan batu di kota sendiri lebih baik dari pada hujan berlian di kota orang”.

Halo anak rantau, bagaimana kabarnya? Sudah berapa lama gak pulang kampung? Hehehe.

Salah satu hal terberat yang harus dihadapi oleh anak rantau adalah ketika perasaan homesick menyerang dan biasanya tak kunjung hilang sebelum diobati dengan pulang dan berkumpul dengan keluarga.

Usut punya usut, pulangnya anak rantau ini tidak bisa bebas dilakukan. Bagi yang kuliah harus menunggu libur semester atau hari bebas kuliah, lalu bagi yang bekerja harus menunggu akhir pekan bahkan hari-hari libur nasional. Kebayang kan gimana rasanya rindu namun harus ditahan dulu sampai waktunya tiba?

Oleh karena itu, ketika mendapati kesempatan untuk bisa pulang kampung, semua anak rantau pastilah senang dan akan mempergunakan waktunya selama di kampung halaman dengan sangat baik.

Buat kamu anak rantau yang mungkin sebentar lagi akan pulang kampung, jangan lupa lakukan 6 hal ini ya supaya hari-harimu di kampung halaman tidak berlalu begitu saja.

 

1. Makan masakan ibu

kamar-bujang2.blogspot.co.id
kamar-bujang2.blogspot.co.id

Anak rantau yang biasanya jarang sarapan karena bangun kesiangan atau cuma bisa makan mie instan di akhir bulan, hal ini wajib dilakukan waktu pulang. Gimana? Masakan ibu paling enak dan murah kan? Selagi di rumah ayo makan yang banyak. Ibu juga pasti bahagia melihat masakannya dimakan dengan lahap.

 

2. Family time

family-inc.com
family-inc.com

Selama di perantauan melakukan banyak hal selalu dituntut mandiri. Motor mogok dorong sendiri ke bengkel, gak bisa ngerengek ke ayah. Kesepian gak ada temen main akhirnya tiduran aja di kamar kos sendirian, gak ada adik dan kakak buat diajak jalan. Nah, mumpung di rumah harus quality time bareng keluarga, misalnya nonton TV bareng atau kerja bakti bersihin halaman rumah.

 

3. Keliling kota

pinterest.com
pinterest.com

Selain keluarga yang lama ditinggalkan, apa kabar juga setiap sudut kota kelahiranmu? Pasti ada hal-hal baru yang ketinggalan banget buat kamu ketahui.

Coba deh pagi atau sore keliling kota naik motor. Tentunya akan ada bangunan baru, tempat wisata baru, kafe baru, bahkan hal unik lainnya yang baru kamu ketahui.

 

 

 

4. Mengunjungi kerabat

pinterest.com
pinterest.com

Jika ada waktu lebih, kunjungi juga rumah kerabat, baik keluarga yang tidak serumah juga sahabat-sahabat lama yang mungkin jarang sekali ditemui. Bertemu mereka berarti kamu tetap menjalin silaturrahmi dengan baik walaupun sekarang kamu sudah merantau jauh. Selain itu, mereka akan merasa bahwa kamu tetap peduli dan menghargai keberadaan mereka.

 

5. Cek kesehatan

vikramhospital.com
vikramhospital.com

Buat kamu yang sebelum pulang ke rumah ada permasalahan dengan kesehatan, melakukan cek kesehatan juga dianjurkan ketika pulang kampung. Hal ini bertujuan agar ketika kamu kembali ke perantauan, kondisimu benar-benar fit. Tidak ada salahnya juga bagi yang sehat untuk cek kesehatan gigi, tekanan darah, dan lainnya untuk mencegah penyakit menghampiri ketika jauh dari rumah.

 

6. Service barang

jualvccmurah.com
jualvccmurah.com

Terahkir, buat kamu yang memiliki barang rusak atau bermasalah selama di perantauan tetapi tidak punya waktu untuk memperbaiki, maka inilah saatnya. Jangan lupa sebelum pulang kampung dibawa ya! Nanti kamu bisa ditemani ayah, ibu, atau yang lainnya supaya ketika kamu memperbaiki tidak sendiri dan bisa sembari konsultasi.

Jadi, kapan kamu berencana untuk pulang kampung? Hati-hati di jalan ya!

Baca juga : Kenali 5 Trik Makan Hemat Ala Anak Kost!

LEAVE A REPLY