SHARE
kuliner123.com

“Aku gak mau minum jamu rasanya pahit, gak enak!”.

Stereotip rasa jamu yang pahit dan tidak enak di lidah sudah begitu mendarah daging di kalangan masyarakat. Di tambah lagi pemikiran bahwa tradisi meminum jamu hanya dilakukan oleh orang-orang kuno, membuat ramuan jamu semakin dihindari oleh generasi muda termasuk para perempuan. Sedangkan para sesepuh banyak berpendapat jika kaum perempuan justru harus rajin meminum jamu bahkan harus bisa membuat jamu sendiri.

Pada satu waktu, jamu menjadi momok yang amat menakutkan. Melihat warnanya saja ogah-ogahan untuk diminum, apalagi aromanya bisa bikin beberapa orang mual atau muntah. Padahal dengan bahan-bahan herbal sebagai sumbernya, jamu memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Untuk kamu para perempuan, coba deh ketahui jenis-jenis jamu beserta khasiatnya. Siapa tahu setelah kamu paham, kamu bisa berubah pikiran untuk terus rajin mengkonsumsi jamu.

 

1. Jamu Sinom

breaking-news564.blogspot.com
breaking-news564.blogspot.com

Buat kamu yang gak mau minum jamu karena rasanya pahit, sepertinya kamu harus nyoba minum jamu sinom. Jamu sinom ini sama sekali gak punya rasa pahit.

Terbuat dari bahan utama berupa daun asam muda dengan tambahan temulawak, gula merah, kunyit dan kapulaga yang memberikan rasa segar pada badan. Khasiat jamu sinom adalah untuk menambah nafsu makan serta meringankan sakit pada lambung seperti maag.

 

2. Jamu Kunyit Asam

vemale.com
vemale.com

Rasanya tidak jauh beda dengan sinom, namun bahan utamanya adalah kunyit dan buah asam. Jamu ini bisa menjadi penolong utama bagi para perempuan yang sedang datang bulan sebab jamu kunyit asam dapat meringankan sakit pada perut. Selain itu, jamu kunyit asam memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan cerah.

 

3. Jamu Beras Kencur

resepasik.com
resepasik.com

Jika kamu ingin memiliki tubuh langsing, kamu wajib rajin mengkonsumsi jamu beras kencur. Jamu ini terbuat dari kencur, beras, asam, dan jahe. Selain bagus untuk pembentukan badan, jamu ini bisa menjadi penambah stamina dan mengobati masuk angin.

 

4. Jamu Galian Rapet

cookpad.com
cookpad.com

Galian rapet memiliki khasiat yang baik untuk organ kewanitaan, mencegah bau tidak sedap, menjaga kebersihan organ kewanitaan, serta keputihan yang berlebih. Jamu ini terbuat dari rempah kunci, daun sirih, buah pinang, asam, dan lainnya.

 

5. Jamu Cabe Puyang

hello-pet.com
hello-pet.com

Sesuai dengan namanya, jamu ini terbuat dari bahan utama berupa cabe jamu dan puyang. Kegunaannya untuk mengobati efek kecapekan seperti pegal, kesemutan, encok, dan kram. Cocok sekali untuk kamu yang seharian penuh disibukkan dengan aktifitas.

 

6. Jamu Gepyokan

beautynesia.com
beautynesia.com

Jamu ini terbuat dari laos, kencur, jahe, kunyit, temulawak, temugiring, puyang, dan beberapa rempah pendukung lainnya. Jamu gepyokan cocok sekali untuk wanita hamil karena dapat memperlancar produksi ASI serta menghilangkan bau tak sedap pada sang ibu dan bayi ketika dilahirkan nanti.

Dibalik rasanya yang katanya kurang enak, jamu-jamu di atas bisa memberikan banyak khasiat untuk tubuhmu. Gimana, mau coba?

Baca juga : Ini Dia Penyebab Kenapa Kamu Susah Gemuk Meski Makan Banyak

LEAVE A REPLY