SHARE
womenshealthmag.com

Banyak perempuan belum terbiasa ketika mereka harus melepaskan bra sebelum tidur.

Hal ini terjadi karena perempuan tidak bisa dipisahkan dari pemakaian bra setiap harinya. Namun tahu kah kamu jika bra ini memiliki durasi maksimal pemakaian?

Dengan kata lain perempuan tidak bisa mengenakan bra selama 24 jam penuh dalam kesehariannya. Ada waktu-waktu tertentu di mana bra harus dilepaskan, termasuk ketika akan tidur pada malam hari.

Pemakaian bra yang baik harusnya tidak lebih dari 12 jam. Akan tetapi, sibuknya pekerjaan seorang perempuan di luar rumah menyebabkan aturan ini susah sekali diterapkan. Jadi, kenapa sih para perempuan harus melepas bra sebelum tidur? Ini dia beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

 

1. Melancarkan peredaran darah

FemSide.com
FemSide.com

Berjam-jam lingkar dada kita terikat oleh tali bra. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan sirkulasi darah yang akan terhambat karena penekanan tersebut. Oleh sebab itu, dengan melepaskan bra sebelum tidur akan membantu melancarkan peredaran darah yang sebelumnya terhambat agar kinerja organ tubuh maksimal.

 

2. Meminimalisir resiko kanker payudara

pinterest.com
pinterest.com

Aliran darah yang terhambat di sekitar payudara akan menyebabkan jaringan-jaringan di dalamnya tidak berfungsi dengan baik. Efek jangka panjangnya sel-sel abnormal seperti kanker akan mudah terbentuk. Maka dari itu dengan rutin melepas bra sebelum tidur akan menekan resiko terjadinya kanker payudara pada perempuan.

 

3. Menghindari biang keringat dan jerawat punggung

caramenghilangkanmembuat.com
caramenghilangkanmembuat.com

Sebagus-bagusnya bahan bra yang dikenakan tetaplah tidak akan mampu menyerap keseluruhan keringat di area sekitar payudara dan punggung. Keringat yang lama dibiarkan akan menjadi biang keringat, gatal-gatal, serta jerawat. Melepas bra sebelum tidur menjadikan dada dan punggung bebas dari gangguan kulit tersebut.

 

4. Meringankan nyeri haid

health.kompas.com
health.kompas.com

Pada saat haid banyak perempuan mengalami nyeri pada payudaranya. Dengan melepas bra sebelum tidur akan membantu mengurangi rasa nyeri pada payudara ketika haid karena secara langsung tidak ada sesuatu yang mengikat.

 

5. Melancarkan pernapasan

mindsofmalady.com
mindsofmalady.com

Melepaskan bra sebelum tidur akan melancarkan pernapasan karena tidak ada lagi yang mengikat area dada. Tentunya tidur akan semakin nyenyak dan nyaman sebab kita bisa leluasa dalam bernapas.

 

6. Meminimalisir insomnia

womenshealthmag.com
womenshealthmag.com

Terkadang keberadaan pengait bra di punggung menyebabkan perempuan susah untuk tidur sebab ada sesuatu yang mengganjal di balik tubuhnya. Dengan melepas bra sebelum tidur akan membuat daerah punggung yang diikat bra menjadi sejajar sehingga kita akan lebih cepat tertidur.

 

7. Menghindari luka pada kulit punggung

sakitpunggung.org
sakitpunggung.org

Tidak bisa dipungkiri ikatan dan pengait bra yang amat kencang bisa menyebabkan kulit di punggung menjadi kemerahan yang akan menimbulkan luka dan iritasi. Dengan melepas bra sebelum tidur, kemungkinan untuk terjadi iritasi pada kulit punggung akan semakin kecil.

Memiliki payudara indah dan sehat adalah impian setiap perempuan. Jadi, jagalah sebaik mungkin dan jangan sampai menyesal di kemudian hari. Salam sehat!

Baca juga : Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Lakukan 5 Cara Ini!

LEAVE A REPLY