SHARE
makeup
cuakep.com

Kenapa sih kita menggunakan makeup? Sebenarnya, apa sih fungsinya kita ber-makeup?

Mungkin banyak dari kita yang berpikir kalo makeup itu fungsinya untuk menutupi ketidaksempurnaan dan menonjolkan sisi terbaik dari wajah kita. Bahkan tak jarang dari kita sengaja menggunakan makeup untuk membuat penampilan kita terlihat lebih cantik, segar dan awet muda.

Tapi jadinya kok malah sebaliknya ya? Alih-alih ingin terlihat lebih cantik, segar dan awet muda malah kesannya jadi kelihatan tua. Mengapa???

Cari tahu yuk 5 kesalahan ber-makeup berikut ini yang malah bikin penampilanmu terlihat lebih tua.

 

1. Memakai rias wajah yang tebal

Pengaplikasiannya foundation yang terlalu tebal menimbulkan kesan seperti mengenakan topeng. dari m.detik.com
Pengaplikasian foundation yang terlalu tebal menimbulkan kesan seperti mengenakan topeng, dari m.detik.com

Memakai riasan wajah seperti foundation dan bedak secara berlebihan akan membuat penampilanmu terlihat 10 tahun lebih tua. Penggunaan foundation memang bisa menyembunyikan noda di wajahmu, tapi kalau terlalu tebal, itu juga akan membuat wajahmu memiliki warna yang terlalu cerah dan menimbulkan kesan seperti mengenakan topeng. Selain itu, garis-garis halus di sekitar area wajahmu juga akan semakin nampak jelas.

Sebagai tips, pilihlah foundation dan bedak sesuai dengan jenis kulitmu. Aplikasikan tipis-tipis saja foundation untuk menyamarkan noda di wajahmu dan gunakan bedak di area T-zone (dahi, hidung dan dagu) dan hindari area bawah mata dan area lain dimana terdapat garis-garis halus.

 

2. Pengaplikasian concealer yang tidak tepat

Inginya sih menyamarkan mata panda tapi kok kerutan di area mata jadi makin keliatan dari lifestyle.liputan6.com
Inginya sih menyamarkan mata panda tapi kok kerutan di area mata jadi makin keliatan, dari lifestyle.liputan6.com

Inginya sih menyamarkan mata panda tapi kok kerutan di area mata jadi makin keliatan. Ternyata pemakaian concealer yang terlalu banyak bukan hanya melawan lingkar gelap di area bawah mata saja tapi juga akan memperjelas garis-garis halus di sekitar mata.

Selain itu, memakai concealer terlalu sering justru akan membuat wajah menjadi kering. Warna concealer yang terlalu terang juga membuat warna kulit di wajah menjadi tidak merata. Sebagai tips, aplikasikan concealer tipis-tipis saja di area wajah yang membutuhkan. Pilih warna concealer satu tone lebih terang dari warna kulitmu dan gunakan concealer saat-saat tertentu saja.

Bagan ini mempermudah kamu mengaplikasikan concealer pada wajahmu dari beatynesia.id
Bagan ini mempermudah kamu mengaplikasikan concealer pada wajahmu, dari beautynesia.id

Baca juga : Teknik Makeup Countouring vs Strobing!

 

3. Memakai eyeshadow glitter terlalu banyak

memulas eyeshadow glitter di bagian sudut luar mata, maka akan membuat tampilan wajahmu terlihat tua dari www.bintang.com
Memulas eyeshadow glitter di bagian sudut luar mata akan membuat tampilan wajahmu terlihat tua, dari www.bintang.com

Sebenernya gak ada salahnya sih menonjolkan bagian mata dengan mengaplikasikan eyeshadow glitter di kelopak mata kita.

Namun jika berlebihan dan diaplikasikan secara tidak tepat, misalnya dengan memulas eyeshadow glitter di bagian sudut luar mata, akan membuat tampilan wajahmu terlihat tua.

Sebagai tipsnya, untuk bagian sudut luar mata gunakan eyeshadow matte dan padukan dengan warna-warna natural seperti coklat, beige, atau bronze atau warna natural lainnya.

 

4. Salah pilih warna dan jenis lipstick

Bagi kalian penggemar lipstick matte, lipstick jenis ini dapat memperjelas tampilan garis-garis halus di bibir dari femaleradio.co,id
Bagi kalian penggemar lipstick matte, lipstick jenis ini dapat memperjelas tampilan garis-garis halus di bibir dari femaleradio.co.id

Bagi kamu penggemar lipstick matte, lipstick jenis ini dapat memperjelas tampilan garis-garis halus di bibir. Selain itu, pilihan warna lipstick yang gelap juga akan membuat penampilanmu terlihat lebih dewasa.

Sebagai tipsnya, aplikasikan lip gloss di atas lipstick matte untuk menyamarkan garis-garis halus dan menampilkan kesan lebih penuh pada bibir.

Untuk tampilan lebih segar dan muda, pilihlah warna-warna kalem atau yang sesuai dengan kulitmu. Jangan lupa pakai pelembab bibir seperti lip blam atau lip primer sebelum mengaplikasikan lipstick untuk memaksimalkan warna lipstick-mu.

 

5. Salah penerapan dan pilihan warna blush on

Terapkankan secara tipis blush on di sepanjang tulang pipi sambil tersenyum untuk memberikan kesan tirus dari layersmag.com
Terapkan secara tipis blush on di sepanjang tulang pipi sambil tersenyum untuk memberikan kesan tirus dari layersmag.com

Memakai warna blush on yang tidak senada dengan warna bibir akan membuat penampilanmu jadi tak sedap dipandang. Mengaplikasikannya hanya pada tulang pipi saja juga kurang tepat dilakukan.

Sebagai tipsnya, Terapkankan secara tipis blush on di sepanjang tulang pipi sambil tersenyum untuk memberikan kesan tirus. Pilih warna-warna lembut untuk memberi kesan wajah yang segar dan bercahaya.

“Makeup is not a mask. Makeup is art. Makeup is passion. Make up is expression.”

Baca juga : Hal Ini Sebaiknya Kamu Lakukan Sebelum Membeli MakeUp!

LEAVE A REPLY