SHARE
www.scarymommy.com

“Hari gini belum bisa masak? Hello..! Nanti suami sama anak-anak mau dikasih makan apa?”

Pasti sudah sering nih denger sindiran macam ini. Dari zaman nenek moyang, seorang perempuan sudah dituntut untuk bisa memasak agar kelak ketika menikah bisa melayani suami dan anak-anaknya dengan baik. Maka dari itu, gak mengherankan kalau anak perempuan sedari dini sudah diajak ibu untuk ikut turun ke dapur.

Namun, seiring perkembangan zaman di mana kesibukan seorang individu semakin padat, tak jarang banyak perempuan yang belum bisa memasak. Bahkan, beberapa dari mereka tidak pernah “masuk dapur” dan awam dengan bahan maupun alat untuk memasak.

Anyway, gak perlu khawatir buat kamu yang belum bisa memasak. Masih ada waktu untuk belajar. Mari ikuti beberapa cara simpel berikut ini agar kamu bisa memasak.

 

1. Biasakan diri untuk ke dapur

www.arendalkitchendesign.com
www.arendalkitchendesign.com

Hal yang paling mendasar agar kamu bisa memasak ialah kamu harus sering-sering main ke dapur. Ngapain? Kamu bisa memulai dari membiasakan diri mencuci piring setelah makan atau membantu ibu memanaskan makanan sebelum dihidangkan.

Dengan sering main ke dapur, kamu juga akan mengetahui tempat bahan-bahan makanan maupun peralatan untuk memasak. Jadi, kuasai dulu tempatnya ya!

 

2. Mengenal peralatan memasak

www.bearingsguide.com
www.bearingsguide.com

Setelah rajin main ke dapur, kamu juga harus memperhatikan peralatan memasak yang sering ibu gunakan sehari-hari untuk mengetahui fungsinya.

Terdengar gampang, tetapi banyak perempuan masih belum paham betul fungsi dan cara menggunakannya. Bukannya meremehkan, kadang masih ada juga loh yang ngehidupin kompor aja gak bisa. Jadi, mulai sekarang bertemanlah dengan panci, wajan, magiccom, blender, mixer, dll. hehehe.

 

3. Mengenal rempah-rempah

id.tubgit.com
id.tubgit.com

Sudah bisa belum ngebedain jahe sama lengkuas?. Kalau belum, coba deh cari di dapur dan mulai cium satu persatu bau rempah-rempahnya. Kamu harus bisa membedakan dan mengetahui fungsi dari rempah-rempah itu sendiri untuk bisa mulai belajar memasak. Jangan malu juga untuk bertanya sama ibu atau nenek ya.

 

4. Rajin membaca resep masakan

www.freshdesignpedia.com
www.freshdesignpedia.com

Di era yang canggih ini, gak ada alasan untuk tidak punya waktu membaca resep. Kamu bisa browsing dan membaca banyak review soal masakan di manapun dan kapanpun. Segala jenis masakan dari seluruh penjuru dunia juga dapat dengan mudah kamu temukan.

 

5. Mencoba masakan sederhana

www.definingcanada.ca
www.definingcanada.ca

Setelah semua hal sudah kamu pelajari, sekarang waktunya mencoba. Kamu bisa memulai dengan menu masakan sederhana seperti nasi goreng, sayur sup, tumis kangkung, atau lainnya.

Untuk pemula, kamu bisa berpatokan pada resep dan tidak harus memodifikasi makanan. Jangan lupa untuk mencicipi masakan sebelum dihidangkan. Coba rasakan apakah sudah pas atau masih ada yang kurang.

Banyak hal yang harus dikuasi oleh kaum perempuan, salah satunya memasak. Jadi, ada rencana memasak apa hari ini?

Baca juga : Baru Belajar Makeup? Kamu Harus Punya Barang-Barang Ini!

 

LEAVE A REPLY