SHARE

“Semua pekerjaan kalau sesuai passion pasti jadi lebih mudah dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan.”

Kata-kata ini pasti sering kamu dengar dari beberapa orang, baik itu keluarga, teman, dan kerabat dekat. Apalagi di momen-momen galau saat mencari pekerjaan.

Lalu sebenarnya apa sih passion itu? Apa saja indikator kalau sesuatu hal itu adalah passion kita?

Menurut definisi dalam kamus Merriam Webster, passion adalah “A strong liking or desire for or devotion to some activity, object, or concept”, atau bisa dijelaskan sebagai “Suatu rasa suka atau kegemaran dalam kadar yang kuat, mengenai suatu kegiatan, obyek, atau konsep”.

Tidak mudah bagi sebagian orang untuk menemukan passion-nya. Terkadang mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sekadar menemukan apa pekerjaan yang betul-betul mereka senangi. Jika kamu termasuk salah-satunya, mungkin kamu harus kenali ciri-ciri berikut ini untuk tahu apa passion kamu sebenarnya!

 

1. Timbul gairah yang menyala-nyala

passionate
passionate dari www.linkedin.com

Dalam bahasa Inggris, passion sendiri memiliki arti ‘gairah’. Jadi, dengan merasakan gairah yang sangat luar biasa ketika melakukan suatu hal dan mengarahkanmu pada kegiatan produktif adalah salah satu ciri kamu telah menemukan passion.

 

2. Lupa waktu

singing
singing, dari www.easyeartraining.com

Seringkali kamu lupa waktu jika sedang mengerjakan sesuatu yang menjadi passion kamu. Hal ini karena kamu begitu semangat mengerjakannya, sampai-sampai waktu makan, mandi, bahkan tidurpun bisa terlewatkan.

 

3. Fokus dan telaten

woman-typing-writing
teliti, dari www.pexels.com

Selalu fokus dan telaten dalam mengerjakan sesuatu itu walau sedang sibuk sekalipun, karena kamu selalu ingin melakukannya dengan sempurna.

Tidak ada yang bisa mengganggu ketika sedang melakukan sesuatu yang menjadi passion kamu. Terkadang pekerjaan utama malah tidak menjadi prioritas lagi.

 

4. Meski sulit, kamu tetap senang mengerjakannya

wedding-makeup
wedding-makeup, dari www.s6photography.co.uk

Nggak semua hal yang menjadi passion itu bisa dijalankan dengan mulus. Tetap saja kamu akan mengalami hambatan atau kesulitan.

Meski begitu, kamu tetap melakukannya dengan senang hati, bahkan cenderung nggak akan berhenti sebelum selesai.

 

5. Mengasah kemampuan

reading
reading, dari learnenglish247.net

Kalau kamu suka sama sesuatu yang memang passion kamu, maka kamu akan selalu berusaha meng-upgrade pengetahuan dan wawasan serta mengasah bakat kamu di bidang tersebut.

 

6. Curi-curi waktu

guitar
guitar, dari www.papertostone.com

Selalu mengisi waktu luang dengan mengerjakan hal yang menjadi passion. Bagi kamu hari libur lebih baik diisi dengan kegiatan yang lebih produktif.

Bahkan waktu berjalan begitu cepat ketika kamu lagi ngerjain sesuatu yang berhubungan dengan passion.

 

7. Never give up

WEIGHTLIFTING
dari www.nytimes.com

Tidak ada kata menyerah. Walaupun berulang kali gagal, akan terus mencoba sampai berhasil.

 

8. Timbul rasa bahagia setelah melakukannya

Feeling Good
dari www.personalitytutor.com

Sadar-tidak sadar, passion bisa membangkitkan mood kamu kembali, karena kamu akan merasa sangat puas ketika menyelesaikannnya.

 

9. Passion selalu membuat ide-ide mengalir dengan mudah

idea
dari www.psychologytoday.com

Kamu cenderung merasa sangat penasaran jika belum menemukan ide-ide yang bisa memenuhi passion kamu.

 

10. Bahkan tidak terasa, uang akan sering terkuras untuk mengerjakan passion kamu

spend money
dari womenmoneyandsuccessmag.com

Misalnya kamu memiliki passion untuk membuka bisnis fashion, maka di awal kamu biasanya akan membeli beberapa majalah fashion untuk menjadi bahan referensi.

Passion juga menunjukkan bahwa adanya pembeda antara kita dengan orang lain, adanya keunikan tersendiri yang kita miliki tetapi tidak dimiliki oleh orang lain. Absolutely, you love to explore it!

LEAVE A REPLY