SHARE

Kehidupan wanita susah sekali dipisahkan dari penggunaan alat make up yang semakin hari semakin menjamur.

Hal ini segaris dengan perkembangan teknik merias wajah yang juga ikut berkembang. Tidak mengherankan jika banyak sekali beauty blogger meluncurkan video tentang make up tutorial. Mulai dari teknik make up simpel untuk kegiatan sehari-hari hingga teknik merias yang cukup rumit.

Bicara soal teknik merias wajah, tentunya para wanita sudah gak asing lagi sama yang namanya teknik contouring. Namun, apakah kamu juga pernah mendengar teknik strobing? Atau baru mendengarnya sekarang?

Ya, sebenarnya kedua teknik ini sudah lama dikenal dalam dunia tata rias tetapi tidak banyak orang yang tahu soal strobing karena teknik tersebut tidak seterkenal contouring. Kamu masih bingung? Coba disimak dulu.

 

Teknik Contouring

todays_programme_landscape_contouring
www.the-pool.com

Contouring merupakan salah satu teknik “memahat” wajah yang sebenarnya sudah lama sekali hidup di dunia tata rias. Tujuan utamanya adalah untuk menyembunyikan bagian atau lekuk wajah yang kurang bagus.

Selain itu, contouring digunakan untuk menonjolkan tulang pipi, membentuk wajah menjadi lebih oval maupun tirus, juga memberikan beberapa kilauan di area wajah.

Ketika kita melakukan teknik contouring, kita membutuhkan kosmetik yang warnanya satu atau dua tingkat lebih gelap dibandingkan warna asli kulit wajah kita.

Selain itu, teknik contouring tidak bisa dipisahkan dengan highlighting yang fungsinya adalah untuk menunjukkan sisi yang ingin diekspos. Maka, dalam teknik contouring setidaknya kita membutuhkan 2 warna yaitu gelap dan terang. Countouring is about highlighting and shading.

Di samping itu, tidak semua orang cocok menggunakan teknik countouring, sebab bisa jadi mereka sebenarnya sudah memiliki lekuk wajah (tulang pipi) yang amat bagus. Nah, untuk kasus seperti ini, disarankan mereka menggunakan teknik strobing untuk merias wajahnya.

 

Teknik Strobing

sr
www.youtube.com

Strobing dikenal dengan glowing effect. Teknik ini berfungsi untuk memberikan highlight guna merefleksi cahaya pada bagian-bagian di wajah yang ingin lebih ditonjolkan. Jadi, orang-orang yang melihat wajah kita akan fokus pada glowing spot.

Strobing bisa dikatakan sebagai kebalikan dari proses contouring. Kita tidak perlu menyembunyikan bagian yang kurang bagus sebab semua sudah difokuskan pada lekukan atau bagian yang ingin ditambah daya tariknya dengan highlight effect.

Untuk lebih memperjelas, strobing adalah teknik menghapus counturing dan hanya menyisakan highlight. Di samping itu, setiap teknik tentunya memiliki poin plus dan minus.

Strobing lebih pas diaplikasikan bagi mereka yang memiliki kulit kering. Sebab jika kulit penggunanya berminyak hal itu akan membuat kesan glowing yang berlebihan. Cara menyiasati untuk kulit berminyak adalah dengan membatasi jumlah highlight yang digunakan pada wajah.

Nah, sekarang sudah paham kan mengenai teknik rias contouring dan strobing? Jadi, kamu lebih suka mengaplikasikan yang mana? Selamat mencoba ya, girls!

Baca juga : Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Membeli Make Up!

 

LEAVE A REPLY