SHARE
doriyaki
twicsy.com

Doriyaki. Judul buku ini cukup menggelitik. Bagi mereka yang baru pertama kali mendengar pasti akan menghubung-hubungkan antara Doriyaki dengan kue khas Jepang Dorayaki.

Doriyaki ditulis oleh seorang Warga Negara Indonesia yang sekarang sedang meniti karir di Negeri Sakura, namanya Andori Andriani atau panggilan bekennya Dorippu.

Doriyaki merupakan buku yang bercerita tentang perjalanan si penulis semasa hidupnya. Lembar demi lembar dari buku Doriyaki dipenuhi oleh cerita-cerita epic yang dikemas secara ringan sehingga mampu menarik para pembaca untuk ikut merasakan setiap emosi yang tumbuh di dalamnya.

delladiananggraini.blogspot.com
delladiananggraini.blogspot.com

Andori mengawali kisah dengan menceritakan kehidupan masa kecilnya di Tokyo yang amat menyenangkan namun berakhir dengan keadaan kedua orang tua yang kurang harmonis.

Kondisi keluarganya membuat Andori sering jatuh sakit dan hampir menyerah. Hingga akhirnya dia beserta keluarga memutuskan kembali ke Indonesia untuk memperbaiki semuanya.

Tenyata keadaan semakin pelik. Papa Andori pernah mencoba untuk bunuh diri karena tidak kuat menanggung beban hidup. Pada akhirnya Andori juga harus menerima kenyataan ketika kedua orang tuanya memutuskan untuk bercerai dan selang beberapa waktu kemudian mama yang ia cintai meninggal dunia.

Buku Doriyaki menyajikan tema kehidupan dan keluarga yang sangat kental. Tentang bagaimana seorang anak ingin tetap membuat kedua orangtuanya bahagia walaupun harus mengorbankan perasaannya sendiri. Tentang seseorang yang tetap berusaha menerima dan mensyukuri apapun yang telah Tuhan berikan.

Gue iri, merasa gak adil. Padahal, di luar sana masih banyak yang lebih susah hidupnya. Malah mungkin, masalah gue nggak ada apa-apanya sama sekali dibanding mereka. Ya, gue harus bangkit.”

Buku ini mengajarkan kita untuk tetap optimis dalam menjalani hidup. Sebab Tuhan memberikan ujian sepaket dengan jalan keluarnya. Ketika kita merasa menjadi manusia paling menderita, lihatlah ke bawah supaya kita tahu bagaimana harusnya manusia itu perlu bersyukur.

Andori kembali menceritakan tentang kehidupannya yang perlahan membaik dan pulih dari keterpurukan. Mimpinya untuk bisa kembali ke Jepang pun bisa terwujud. Ia melanjutkan sekolah hingga akhirnya meniti karir di Jepang bersama Papa dan seorang adiknya.

Tidak berhenti di situ, buku Doriyaki juga mengisahkan kisah percintaan Andori dengan seseorang bernama Gama yang telah mereka jalin sejak SMA, hingga suka duka LDR antara Indonesia dan Jepang yang berhasil mereka lalui. Semuanya tersaji dengan menarik di buku terbitan bukune ini.

“Seandainya waktu itu gue menyerah, seandainya waktu itu gue menolak untuk bangkit …. gue yang sekarang nggak pernah ada!” – Andori.

So, buat kamu yang sedang menghadapi problematika hidup atau merasa nggak ada harapan untuk masa depan, buku ini cocok dibaca agar kamu nggak berhenti sampai di sini. Cheers!

LEAVE A REPLY