SHARE
Two upset teenage girls sitting on sofa indoors at home
www.gentwenty.com

Pernah nggak sih merasa tiba-tiba teman kita menjadi berubah?

Dari yang awalnya dekat banget, kemana-mana selalu bareng, dan pada akhirnya mereka lebih menjaga jarak dengan kita? Ini nih yang sering terjadi dalam sebuah pertemanan. Dari pada saling menyalahkan dan menduga-duga alasannya, coba deh diingat lagi, mungkin kamu sering melakukan hal-hal berikut.

 

1. Kamu terlalu ingin tahu alias “kepo”

kepo
Kadang nggak semua hal bisa dibagikan ke orang lain, jadi jangan terlalu kepo, dari www.flickr.com

Berteman memang harus saling terbuka. Tujuannya baik, supaya dalam pertemanan kita bisa saling menerima dan mengerti satu sama lain.

Tetapi, setiap orang juga memiliki privasinya sendiri. Tidak semua hal bisa dibagikan. Jadi jangan paksa temanmu untuk menceritakan hal-hal yang memang tidak ingin dibagikan. Coba bedakan mana rasa peduli dan rasa ingin tahu yang berlebih.

 

2. Kamu banyak membenci orang lain

gossip
Kalau lagi benci sama orang jangan ajak-ajak yang lain ya, dari www.telegraph.co.uk

Gak bisa dipungkiri jika dalam pertemanan kita pasti pernah membicarakan seseorang yang kurang disukai. Tetapi, berhati-hatilah jika kamu sering membicarakan kebencianmu terhadap banyak orang.

Temanmu bisa menghindar karena beranggapan bahwa kamu adalah sang pembenci. Dia pun takut jika suatu saat kamu juga akan membicarakannya di depan orang lain.

 

3. Kamu terlalu kaku dan serius

serius
Jadi nggak bisa diajak ketawa bareng deh, dari whslionspride.com

Teman-teman di sekitarmu juga akan menjaga jarak jika kamu terlalu serius dalam menanggapi segala hal. Misal nih, temanmu berniat melontarkan candaan, tetapi kamu justru menanggapinya dengan serius dan berujung salah paham apalagi ngambek-ngambekan, nggak asyik kan?

Nyatanya tidak semua hal dalam hidup harus diseriusin. Kamu juga harus punya selera humor agar tidak terlalu kaku.

 

4. Kamu terlalu egois

egois
Kalo ini sih emang nggak baik dalam segala hal, dari classroom.synonym.com

Segala hal yang berkaitan dengan pertemanan, kamu ingin semuanya berjalan sesuai dengan kehendakmu. Kamu jarang mendengar pendapat orang lain. Kamu juga sering marah apabila apa yang kamu inginkan tidak diikuti. Karena sikapmu yang terkesan ‘maunya sendiri’ nggak heran jika kamu dijauhi oleh teman-teman.

Jadi, tidak ada asap tanpa api. Ketika ada sebuah jarak dalam pertemananmu, pastilah ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Jangan sampai kehilangan teman ya. Yuk selamatkan pertemanan kita dengan saling berintrospeksi diri.

LEAVE A REPLY