SHARE
http://4.bp.blogspot.com/
http://4.bp.blogspot.com/

Jerawat merupakan masalah kulit yang lumayan menjengkelkan.

Ketika jerawat sudah hilang, akan timbul masalah yang baru, yaitu bekas jerawat. Sebenarnya jika sudah masuk dalam tahap ini kulit sedang dalam proses penyembuhan dan perbaikan pada jaringan kulit, namun dari proses inilah biasanya timbul flek dan bintik hitam pada wajah.

Pada umumnya bekas jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa bulan setelah jerawat sembuh. Dan untuk mempercepat prosesnya ada banyak cara yang bisa ditempuh, beberapa diantaranya bisa dengan terapi laser atau menggunakan serangkaian produk kecantikan yang direkomendasikan oleh dokter kulit maupun produk yang dapat diperoleh di pasaran.

Namun ada cara lain yang juga ampuh bisa menghilangkan bekas jerawat dan paling tidak beresiko yang bisa digunakan oleh semua umur, serta tidak perlu mengeluarkan banyak uang alias hemat. Berikut ini 6 bahan alami yang bisa membuat wajahmu mulus kembali dari masalah bekas jerawat.

 

1. Lidah buaya

http://qyuqyu.co.id/
 http://qyuqyu.co.id/

Tanaman yang satu ini ternyata memiliki kandungan sumber vitamin potensial yang dapat menyembuhkan bekas jerawat dan luka, serta mampu meregenerasi kulit. Gelnya yang lembut, bisa menyehatkan kulit wajah.

Cara pemakainnya yaitu, potong dan peras lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah dengan dipijat perlahan agar meresap dan diamkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

2. Jeruk nipis

http://4.bp.blogspot.com/
http://4.bp.blogspot.com/

Jenis buah yang satu ini, selain bisa berperan sebagai penyedap rasa ternyata juga ampuh dalam masalah menghilangkan bekas jerawat.

Jeruk nipis memiliki kandungan asam alpha hidroksi (AHA) alami yang dapat membantu memudarkan bekas lukan dan meremajakan kulit. Caranya, peras air jeruk nipis kemudian oleskan pada wajah hingga merata seperti menggunakan masker, diamkan hingga 15 menit, dan bilas hingga bersih.

 

3. Tomat

http://i1.wp.com/
http://i1.wp.com/

Bahan alami yang juga terbukti bisa memudarkan bekasi jerawat adalah tomat. Kandungannya yang kaya akan Vitamin A dan C memiliki banyak manfaat untuk wajah, diantaranya dapat menyembuhkan bekas jerawat dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

Caranya mudah, iris tipis potongan buah tomat, kemudian tempelkan pada wajah yang memiliki bekas jerawat, diamkan selama 25-30 menit, dan bilas dengan air.

 

4. Mentimun

http://www.cantikalamiku.com/
http://www.cantikalamiku.com/

Selain tomat, jenis sayuran lainnya yang juga bagus sebagai bahan alami perawatan kulit adalah mentimun. Mentimun juga dilengkapi dengan kandungan Vitamin A dan C serta magnesium yang bisa bermanfaat bagi kulit wajah.

Cara pakainya sama dengan tomat, iris tipis mentimun dan tempelkan pada bagian wajah yang memiliki bekas jerawat, lalu diamkan 25-30 menit, dan bilas dengan air.

 

5. Minyak zaitun

http://wajahjerawat.com/
http://wajahjerawat.com/

Bahan alami selanjutnya yaitu minyak zaitun. Selain bahan ini bisa digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit dan sudah di percaya sejak zaman dulu.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada kulit yang terdapat bekas jerawat di pagi hari dan malam hari sebelum tidur, lakukan terus secara rutin hingga bekas jerawat memudar.

 

6. Scrub gula

http://sidomi.com/
http://sidomi.com/

Untuk membuat scrub gula sebagai bahan alami penghilanng bekas jerawat, kamu perlu mencampurnya dengan minyak zaitun. Gula murni memiliki kandungan asam glikolat dan AHA yang berguna untuk membantu membersihkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel.

Caranya, campurkan gula dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1, bisa juga tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis, lalu oleskan secara merata keseluruh wajah seperti menggunakan masker, diamkan hingga 15 menit, setelahnya bilas dengan air bersih.

Baca juga : Inilah Rahasia Daun Cabai Rawit yang Tidak Banyak Diketahui

 

LEAVE A REPLY