SHARE
3.bp.blogspot.com

Lingkaran hitam di mata tak jarang dimiliki oleh sebagian perempuan.

Lingkaran hitam tersebut sering disebut dengan ‘Mata Panda’, bentuknya memang menyerupai hewan lucu asal negri Cina itu. Bedanya adalah jika mata panda dialami oleh manusia, menjadi hal yang menyebalkan karena memberikan kesan yang tak enak dilihat untuk tampilan kamu.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebabnya antara lain karena tidur kurang teratur, penggunaan make up yang berlebihan, pola hidup yang kurang sehat, atau juga karena faktor keturunan. Lalu bagaiman cara mengatasinya jika sudah memiliki mata panda? Berikut ada 5 cara ampuh dan cepat untuk bisa membantu kamu menghilangkan lingkaran hitam di mata kamu ya!

 

1. Kompres dengan mentimun

Selain bagus dikonsumsi sebagai bahan makanan, mentimun juga bekerja sangat baik sebagai bahan produk kecantikan, termasuk sebagai salah satu cara untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata kamu.

http://4.bp.blogspot.com/
4.bp.blogspot.com

Caranya: Ambil satu buah mentimun dan cuci hingga bersih, lalu iris mentimun tersebut menjadi beberapa bagian. Taruh irisan mentimun ke dalam kulkas atau air es atau es batu agar mentimun menjadi dingin. Setelah cukup dingin, letakkan mentimun di kedua kelopak mata hingga seluruh bagian kelopak mata tertutup. Diamkan 15 hingga 20 menit. Kemudian bersihkan kelopak mata.

 

2. Kompres dengan air dingin

Cara lainnya adalah dengan kompres kelopak mata dengan air dingin atau es batu. Air dingin atau es batu mampu melembabkan mata dan mengurangi bengkaknya kantung mata kamu.

http://pic.cerpen.co.id/
pic.cerpen.co.id

Caranya: Ambil sebuah handuk dan celupkan ke air dingin atau taruh sebongka es batu di sebuah handuk yang basah, kemudian letakkan pada kedua kelopak mata hingga seluruh bagiannya tertutup. Tunggu hingga 5-10 menit. Untuk hasil yang lebih efektif lakukan kompres sebelum kamu tidur malam ya.

 

3. Kompres dengan kantung teh celup

Jika kamu penyuka minum teh, kamu bisa gunakan sisa kantung teh celup sebagai salah satu cara untuk mengatasi si mata panda. Teh kantung celup memiliki kandungan zat tannin yang berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit.

http://cdn-2.tstatic.net/
cdn-2.tstatic.net

Caranya: Ambil sebuah teh kantung celup yang sudah digunakan semalam atau kurang lebih 12-24 jam yang lalu, kompres kelopak mata dengan kantung teh celup bekas tersebut, dan diamkan hingga 10 menit. Lakukan beberapa kali dalam sehari agar mata panda menghilang dengan cepat.

 

4. Gunakan tomat

Sifat pemutih alami dan pencerah kulit yang dimiliki dari sebuah tomat, membuat tomat sering kali menjadi bahan utama produk kecantikan. Ternyata tomat juga berkhasiat mampu menyamarkan lingkaran hitam yang mengganggu di mata kamu, loh!

thaniadesign.files.wordpress.com
thaniadesign.files.wordpress.com

Caranya: Blender sebuah tomat hingga halus dan menjadi jus tomat, lalu oleskan jus tomat tersebut dengan kapas bersih pada kelopak mata. Biarkan 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali dalam sehari secara rutin untuk kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

 

5. Gunakan bengkoang

Selain tomat, bengkoang juga memiliki sifat pemutih alami yang baik untuk tubuh serta mengandung vitamin B1 dan vitamin C. Bengkoang akan memberikan reaksi sejuk pada mata jika dikompres pada bagian kelopak mata.

http://cdn.klimg.com/
cdn.klimg.com

Caranya: Ambil satu bengkoang kemudian dikupas dan cuci bersih. Parut atau haluskan bengkoang tersebut dan gunakan seperti masker. Bungkus parutan ke dalam kain tipis lalu kompreskan pada bagian kelopak mata. Diamkan 15-25 menit, lalu bilas hingga bersih.

Selamat mencoba ya!

Baca juga : 5 Bahan Sederhana yang Bisa Kamu Jadikan Masker Wajah di Rumah

LEAVE A REPLY