SHARE
http://ciogiart.com/

Berpelukan merupakan salah satu cara yang ampuh menghilangkan berbagai penyakit, depresi, kecewa, dan gangguan pikiran lainnya.

Terlebih jika kamu berpelukan dengan seseorang yang sangat kamu sayangi. Dengan begitu banyaknya manfaat dari berpelukan kita juga tidak boleh menyepelekannya, karena selain dapat mempengaruhi keharmonisan hubungan dengan pasangan atau keluarga, berpelukan juga terbukti bermanfaat untuk tubuh kamu, loh!

Salah satu hal yang unik dari berpelukan adalah orang yang memeluk dan yang dipeluk akan merasakan manfaat yang sama baiknya. Berikut ada 5 manfaat berpelukan yang perlu kamu ketahui.

 

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

http://dramosross.com/
http://dramosross.com/

Tingkat imunitas tubuh ternyata sangat bergantung pada kondisi emosional seseorang. Jika kondisi emosional kamu sedang baik, maka tubuh kamu akan merespon dan bekerja dalam keadaan yang paling optimal, sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh.Begitupun sebaliknya, jika kamu sedang memiliki tingkat emosional yang tidak stabil, maka tubuhmu juga akan merespon hal yang sama.

Berpelukan akan memaksa kamu melakukan interaksi secara fisik dengan seseorang, dimana setelahnya menimbulkan perasaan tenang, nyaman, dan aman. Pastinya akan memberikan efek emosional tubuh kamu membaik, sehingga pelukan terbukti ampuh meningkatkan sistem imun tubuh dan mampu mencengah timbulnya penyakit.

 

2. Menjadikan tubuh rileks

schrijvendewijzer.files.wordpress.com
schrijvendewijzer.files.wordpress.com

Perasaan nyaman yang dihadirkan dengan berpelukan mampu membuat tubuh kamu lebih rileks. Di era sekarang yang segalanya mengharuskan kamu untuk berpacu dengan waktu, buru-buru, atau pun dikejar deadline, berpelukan merupakan cara yang pas untuk membuat seseorang lebih tenang dan terhindar dari tergesa-gesa sepanjang harinnya.

Berpelukan ternyata juga mampu memgatasi rasa sakit, melemaskan otot-otot yang tegang, serta melepaskan tekanan darah dari tubuh kamu.

 

3. Merangsang hormon baik

http://club-girl.ru/
http://club-girl.ru/

Oksitosin dan Serotin merupakan suatu hormon di dalam tubuh manusia yang dapat menimbulkan perasaan senang, menjauhkan rasa kesepian, dan mencengah perasaan sedih.

Oksitosin ternyata sangat ampuh mempengaruhi tingkat emosional wanita dan dengan berpelukan tubuh kamu akan terpicu untuk melepaskan hormon-hormon baik tersebut.

Ketika berpelukan, otak akan melepaskan dan menaikkan jumlah Oksitosin dan Serotin dalam tubuh yang dapat menaikkan mood seseorang, menurunkan tekanan darah, sekaligus mencegah penyakit jantung.

 

4. Menyeimbangkan pikiran

http://www.chiropracticnaturalhealthmn.com/
http://www.chiropracticnaturalhealthmn.com/

Keseimbangan kondisi kejiwaan seseorang juga dapat ditimbulkan dari berpelukan. Secara langsung pelukan akan membuat sebuah hubungan yang tadinya jauh secara fisik dan emosional akan menjadi lebih dekat dan hangat.

Rasa nyaman yang timbul dari interaksi rangsangan antarkulit kedua orang yang sedang berpelukan inilah yang mampu menjadikan kondisi pikiran lebih seimbang.

 

5. Meningkatkan rasa percaya diri

http://www.thetimes.co.uk/
http://www.thetimes.co.uk/

Pelukan merupakan sebuah tindakan nyata yang menunjukkan sikap menghargai dan mencintai seseorang. Seseorang yang tumbuh dari lingkungan keluarga dimana pelukan adalah hal yang penting biasanya akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, karena orang-orang tersebut merasa berharga dan dicintai.

Pelukan dapat mengajarkan kita menerima dan diterima secara bersamaan, yang dapat memberikan pemahaman tentang ‘saling’, yang dapat menunjukkan bahwa kasih sayang dan mencintai dapat berjalan dalam dua arah.

Ternyata banyak hal yang dapat diperbaiki dengan pelukan. Jangan berpikir bahwa pelukan adalah sebuah hal yang cengeng dan manja. Justru berpelukan memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kamu.

Jadi, sudahkah kamu berikan pelukan terbaik untuk dia yang kamu sayangi?

 

LEAVE A REPLY