SHARE
http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Rambut adalah mahkota yang paling berharga bagi perempuan.

Rambut panjang, sehat, dan berkilau merupakan bentuk rambut yang paling jadi idaman. Tidak heran jika banyak wanita yang rela mengeluarkan biaya cukup mahal untuk melakukan perawatan rambut di salon demi mendapatkan rambut semacam itu.

Rambut panjang sangat identik dengan wanita. Namun terkadang ada saja yang merasa kesulitan untuk memanjangkan rambut. Cara memanjangkan rambut sebenarnya ada banyak sekali. Mulai dari menggunakan obat penumbuh rambut, mengkonsumsi obat, hingga melakukan perawatan rambut secara alami.

Nah, apa saja perawatan seara alami yang bisa membantu rambutmu cepat panjang?

 

1. Selalu gunakan conditioner setelah keramas

http://direct-hairstyles.com
http://direct-hairstyles.com

Pengaplikasian conditioner secara rutin setiap habis keramas berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut sehingga terhindar dari kerusakan rambut seperti kering, rapuh, dan kusam. Selain memberikan kelembaban pada rambut, conditioner juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan conditioner usai keramas minimal 2 kali dalam seminggu. Untuk menghindari rambut berketombe karena penggunaan conditoner, jangan gunakan pada kulit kepala cukup dari pangkal hingga ujung rambut saja ya!

 

2. Memotong bagian ujung rambut

http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net
http://d3t543lkaz1xy.cloudfront.net

Ujung rambut kamu adalah bagian rambut yang paling rentan terkena kerusakan. Ada kalanya ujung rambut menjadi bercabang dan menyebabkan timbulnya rambut rontok. Ini dikarenakan ujung rambut tidak cukup kuat menahan rambut yang sudah tua dan bercabang.

Cobalah untuk memotong bagian ujung rambut secara rutin untuk meremajakan batang rambut yang sudah tua. Pemotongan rambut bercabang secara rutin sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut agar lebih cepat.

 

3. Kurangi pemakaian alat pemanas rambut

sennik_suszarka

Alat pemanas rambut seperti catokan, hair dryer, dan pengeriting rambut memang sering digunakan untuk mempercantik tampilan rambutmu sehari-hari. Tapi, jika kamu terlalu sering menggunakan alat-alat pemanas tersebut, dapat memberikan efek buruk untuk rambutmu, menjadikannya rapuh, mudah patah dan rontok.

Sebaiknya agar rambutmu bisa tumbuh lebih cepat, kurangi penggunaan alat pemanas yang terlalu sering pada rambutmu. Lebih baik keringkan rambut secara alami dan di angin-anginkan saja. Tapi jika kamu memang dalam keadaan terburu-buru, kamu tetap bisa gunakan hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut dengan suhu yang tidak terlalu panas dan jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut sebagai pelindungnya.

 

4. Rutin memijat kulit kepala

http://tango.image-static.hipwee.com
http://tango.image-static.hipwee.com

Cara lainnya yang juga mudah untuk mempercepat pertumbuhan rambut kamu adalah memijat kulit kepala secara rutin, minimal 3 kali dalam seminggu. Pemijatan kulit kepala dapat memperlancar peredaran darah pada kulit kepala sehingga proses tumbuhnya rambut akan lebih cepat.

Pemijatan kulit kepala tidak harus kamu lakukan di salon saat sedang creambath atau lainnya, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa menguras isi kantongmu. Lakukan pemijatan saat keramas dengan lembut selama 3-5 menit. Pemijatan kulit kepala ini dapat membantu membersihkan kotoran yang menyebabkan perkembangan jamur dan ketombe yang mengganggu kesehatan rambutmu.

 

5. Perbanyak konsumsi protein

http://cms.benefit.co.id
http://cms.benefit.co.id

Selain perawatan rambut dari luar, cara yang juga ampuh bisa mempercepat pertumbuhan rambut kamu adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan protein. Dengan mengkonsumsi protein, folikel rambutmu mendapatkan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan protein dapat menjaga rambutmu tetap sehat dan tidak mudah rusak.

Baca juga : 5 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

LEAVE A REPLY