SHARE
tanaman-cabe-rawit
tanobat.com

Apa kamu termasuk orang yang suka makan cabai rawit?

Eits, bukan cabainya yang dicemilin, maksudnya sering menjadikan cabai rawit sebagai pendamping makanan sehari-hari seperti ketika makan gorengan atau lainnya. Kalau kata mereka penyuka pedas, makan tanpa ada sentuhan cabai rasanya kurang nikmat alias gak bikin hu .. ha .. hu ..ha.

Menjadikan cabai sebagai pendamping makanan nyatanya membuat selera makan semakin meningkat. Tidak jarang mereka yang awalnya gak pengen makan jadi tergugah untuk makan jika ada cita rasa pedasnya.

Saking cintanya sama cabai, sebagian orang memilih untuk menanam pohon cabai di pekarangan rumah agar kapan saja bisa mengkonsumsinya. Tapi apakah kamu tahu jika ternyata tidak hanya buah cabai yang bisa digunakan? Iya, sebab usut punya usut daun si cabai rawit juga kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

Apa saja sih manfaatnya? Yuk coba pelajari, siapa tahu bisa bantu permasalahanmu.

 

1. Meredakan demam

alodokter.com
alodokter.com

Untuk kamu yang terserang demam tetapi tidak ingin langsung meminum obat penurun demam, kamu bisa pakai daun cabai rawit.

Caranya mudah, tumbuk halus daun cabai rawit kemudian daun yang sudah ditumbuk dicampur dengan minyak selada yang bisa kamu beli di pasaran. Setelah ramuan selesai kamu bisa mengolesinya di daerah ubun-ubun dan dahi.

 

2. Mengobati masuk angin

obatmasukangin.org
obatmasukangin.org

Daun cabai rawit juga bisa mengobati perut kembung karena masuk angin. Cukup tumbuk daun cabai rawit lalu campurkan dengan kapur sirih. Setelah itu balurkan ramuan di daerah perut dan diamkan hingga mengering.

 

3. Mengobati jerawat

8-homemade-face-packs-for-oily-acne-prone-skin-with-videos
stylecraze.com

Untuk kamu yang sudah berusaha mengobati jerawat tetapi masih susah hilang, mungkin kamu perlu coba gunakan daun cabai rawit. Daun cabai rawit yang telah ditumbuk bisa langsung dijadikan masker pada wajah.

Letakkan tumbukan daun di wajah selamah 15 menit lalu bilaslah wajah menggunakan air hangat. Lakukan hal ini seminggu 3x untuk hasil yang maksimal.

 

4. Meremajakan kulit tubuh

dieingforachallenge.blogspot.com
dieingforachallenge.blogspot.com

Selain untuk menyembuhkan beberapa keluhan kesehatan, ternyata daun cabai rawit juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan khususnya untuk meremajakan kulit.

Daun cabai hanya perlu diremas-remas tanpa ditumbuk halus. Setelah itu, daun yang telah di remas langsung dibalurkan pada kulit tubuh dan dibiarkan hingga 30 menit. Hal ini dilakukan sebelum mandi dan bagus digunakan minimal seminggu sekali.

Ternyata, daun cabai rawit yang selama ini diabaikan dan tidak terpakai justru memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Nah, kamu mau mencoba yang mana nih, ladies?

Baca juga : Sehatnya Makanan Organik, Kenali Keunggulan dan Kelemahannya!

LEAVE A REPLY