Kerugian Ini Akan Kamu Alami Kalau Tidak Bangun Pagi!

Kerugian Ini Akan Kamu Alami Kalau Tidak Bangun Pagi!

1363
0
SHARE
wake up late
huffingtonpost.com

“Bangun pagi ?… Bangun siang ?… Tidur seharian ah, besok kan hari libur ..”

Bangun pagi menjadi hal yang cukup sulit bagi beberapa orang, khususnya di hari libur. Satu minggu penuh menjalani rutinitas dan harus bangun pagi-pagi buta, membuat kamu ingin memanjakan diri sejenak di akhir pekan yang singkat, yaitu dengan bangun siang. Tapi taukah kamu kalau bangun siang membuat kamu akan mengalami kerugian dalam banyak hal.

Mungkin kamu akan urungkan niat untuk ‘ngebo’ setelah tahu kalau bangun siang itu punya kerugian seperti ini.

 

Mudah mengalami kegemukan

timbangan-berat-badan-770x470
batamtoday.com

Bangun siang menyebabkan kita kehilangan waktu sarapan. Padahal di pagi hari adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk mencerna asupan nutrisi makanan.

Hal ini membuat kita harus mengganti waktu sarapan yang terlewatkan dengan porsi makan yang berlebih pada jam makan siang ataupun makan malam. Ini memicu kenaikan berat badan sehingga kita mudah mengalami kegemukan.

 

Mudah stress

NMAG0814_Health_800px
napervillemagazine.com

Dengan membiasakan diri untuk bangun di pagi hari, kita mempunyai lebih banyak waktu untuk berolahraga.

Olahraga menjadi kebutuhan kita untuk dapat menjaga kesehatan dan mengurangi stres.

 

olahraga
Luangkan setidaknya 10-20 menit untu berjalan kaki via blog.loseit.com

Pikiran yang sehat mampu membuat kita berpikir positif .dan siap menjalani padatnya aktivitas. Kebiasaan ini lebih bermanfaat bagi tubuh kita bila dibandingkan dengan kebiasaan bangun di siang hari.

Saat bangun di siang hari karena harus begadang mengerjakan segudang tugas pekerjaan, kita akan terlambat melakukan aktivitas kita. Kita menjadi tergesa-gesa dan tubuh akan menjadi lelah. Sehingga kita akan menjadi cepat marah. Hal ini membuat kita rapuh dan mudah mengalami stress.

 

Cenderung lebih cepat pikun

Womanscratchinghead_600x325
www.theaa.ie

Selalu bangun kesiangan, berarti kita memilih untuk menjadi pikun lebih cepat, khususnya bagi para perempuan.

Sebuah penelitian di California Pasific Medical Center Research Institute mengungkapkan bahwa orang-orang yang punya kebiasaan bangun paling siang dan kurang melakukan aktivitas di pagi hari punya resiko 80% lebih besar untuk mengalami Mild Cognitive Impairment (MCI) atau pikun ringan.

 

Kehilangan waktu produktif

 

productive
via lifeway.com

Jika kita bangun di siang hari, maka kita akan melakukan aktivitas kita pada siang hingga larut malam. Padahal waktu malam hari adalah waktu terbaik bagi tubuh kita untuk beristirahat.

Akibatnya, tubuh memerlukan waktu tambahan untuk beristirahat dan kita menjadi bangun kesiangan. Seperti kelelawar, bila di pagi hari kita tidur hingga siang dan sebaliknya siang hingga larut malam kita bekerja.

Pola ini akan berlanjut terus-menerus jika kita tidak menghentikannya. Kita kehilangan waktu sarapan, waktu berolahraga, waktu mendapatkan udara yang masih bersih dan juga waktu untuk memulai aktivitas kita yang padat di pagi hari dimana badan dan pikiran kita masih segar.

 

Bangun pagi adalah kunci kesuksesan

Ada banyak nasihat-nasihat tentang kesuksesan yang dihubungkan dengan kebiasaan bangun pagi, diantaranya adalah sebagai berikut:

success-pictures-quotes_13405-1
quotepixel.com

Seseorang yang sukses adalah mereka yang bangun di pagi hari dan tidur di malam hari dan di sela-sela waktu antara keduanya, dia melakukan apa yang dia inginkan.

 

47584-waking-up-early-quotes
quoteaddicts.com

Mengawali tidur dan mengawali bangun membuat seseorang sehat, kaya dan bijak.

 

dream-big-but-wake-up-early-to-actualize-them-wake-up-quote
thequotepedia.com

Bangun di pagi hari adalah cara mewujudkan sebuah mimpi besar.

So, let’s get up early !

 

LEAVE A REPLY