SHARE
Happy Woman

Menjadi bahagia adalah tujuan akhir hidup setiap manusia. Sayangnya, hidup tidak seindah cerita dongeng.

Ada kalanya kamu mengalami pasang surut kehidupan. Namun, jika kamu bisa menyikapi permasalahan dengan baik, niscaya hidupmu lebih bahagia dibandingkan berlarut-larut pada permasalahan yang ada. Kali ini Pedava akan berbagi tips tentang 10 hal yang bisa kamu lakukan agar hidupmu lebih bahagia.

 

1. Bersyukur setiap hari

Bersyukur
 satujam.com

Tak perlu membicarakan harta benda yang kamu punya, bisa bangun di pagi hari dan menikmati udara untuk bernapas saja adalah nikmat yang patut disyukuri. Berterima kasih bahwa Tuhan masih memberikan kamu kehidupan hari ini. Banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk bersyukur seperti; berdoa, merenungi nikmat Tuhan, atau berbagi dengan sesama.

 

2. Tidak pendendam

Tidak pendendam
osolihin.wordpress.com

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Karena itu kamu pun juga pernah merasakan yang namanya sakit hati atau kecewa. Ketika kita dikecewakan oleh orang lain, pasti ada rasa benci dan marah, lalu timbullah rasa dendam.

Bagaimana seharusnya yang kamu lakukan? Yakinlah, bahwa sikap dendam hanya akan memperkeruh masalah. Cara terbaik adalah abaikan mereka yang mengecewakanmu dan berbuat baiklah pada yang lain.

 

3. Melihat masalah sebagai tantangan

tantangan
bisniskekinian.com

Menghindari setiap masalah bukanlah sikap yang bijaksana. Lari dari permasalahan hanya akan menambah masalah baru.

Hal yang sebaiknya kamu lakukan adalah menghadapi masalah tersebut dengan cara dan kemampuan yang kamu miliki. Jadikanlah masalah sebagai tantangan. Kamu akan belajar banyak hal dan terbiasa menghadapi masalah.

 

4. Memilih teman dengan bijaksana

Teman
 theodysseyonline.com

Baik dan buruknya seseorang juga bisa dipengaruhi oleh pergaulannya. Ingat pepatah “Berkawan dengan penjual parfum, kita pasti kena baunya”. Karena itu kita perlu berhati-hati dalam memilih teman.

Bukan berarti memilih teman dengan seenak jidat lho! Tapi memilih teman dengan bijaksana, yang bisa memberikan kamu pengaruh yang positif.

 

5. Sedikit bicara banyak mendengar

sedikit bicara banyak mendengar
 pinterest.com

Kenapa Tuhan menciptakan manusia dengan dua telinga dan satu mulut? Supaya kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Terkadang sifat ego manusia membuat kita ingin banyak didengarkan.

Sadarilah bahwa hidup bukan hanya tentang dirimu, tapi juga tentang orang lain. Tak ada salahnya untuk mencoba lebih banyak mendengarkan. Justru dengan begitu kamu akan dihargai orang lain.

 

6. Tidak memusingkan hal-hal kecil

tidak meremehkan hal kecil
 diylol.co

Ketika kamu sedang menghadapi masalah, tentu kamu harus dapat melihatnya dari berbagai sudut pandang. Jangan sampai kamu membesar-besarkan masalah kecil, ataupun meremehkan masalah yang sebenarnya cukup besar. Tidak memusingkan masalah-masalah kecil akan membuat hidupmu lebih tenang dan terhindar dari stress.

 

7. Tidak mencari-cari alasan untuk hal-hal yang menjadi kewajiban kamu

tidak mencari alasan
 quoteaddicts.com

Mencari-cari alasan untuk menghindari suatu pekerjaan, hanya akan menambah pekerjaan. Lakukanlah apa yang menjadi kewajibanmu dengan baik dan ikhlas dari hati. Ingat kembali apa yang menjadi tujuan kamu di awal.

 

8. Olahraga

olahrag
youne.com

Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga berperan penting bagi kesehatan mental. Karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Dengan berolahraga, kamu bisa me-refresh otak sehingga kamu tersugesti untuk berpikir hal-hal yang positif.

 

9. Berkata jujur

Jujur
tulisannada.com

“Katakanlah walau itu pahit”. Berkata jujur tidak akan pernah merugikan siapapun. Kamu akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain dan terus maju dalam setiap hal di kehidupan.

 

10. Bermimpi besar

Cita-cita tinggi
Cita-cita tinggi via mashupcorner.comB

Berhenti pesimis, perjuangkan cita-cita kamu meskipun itu terlihat mustahil. Dan sampai akhirnya perjuangan kita bisa membuat orang-orang yang telah mendukung kita bangga dan bahagia.

 

LEAVE A REPLY