SHARE
stomachache
www.livestrong.com

Penyakit maag kerapkali menyerang kita. Banyak faktor yang menyebabkan penyakit tukak lambung ini timbul.

Rata-rata penyebab sakit maag adalah karena faktor kesibukan sehingga waktu makan menjadi tidak teratur ataupun karena stress.

Menurut dr. Vidhia Umami seperti dilansir oleh Teen Magazine mengatakan maag tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga usia remaja.

Doc. Suara.com
Maag bisa menyerang siapa saja, dari suara.com

Biasanya sakit ini muncul karena salah pola makan dan waktu makan, atau terlalu banyak mengonsumsi susu.

FYI, susu itu mempercepat peningkatan asam lambung loh! Biasanya remaja mengalami sakit pada lambung menjelang ujian. Tekanan dan stress yang muncul menjadi pemicu pergerakan asam lambung. Hati-hati ya girls!

Maag atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan dyspepsia, adalah penyakit yang menyerang daerah pencernaan manusia, mulai dari lambung sampai usus. Biasanya penderita akan merasa sakit di ulu hati, hingga ke bagian belakang tubuh. Lalu penderita juga merasakan mual.

mual
Biasanya disertai muntah-muntah, dari plus.google.com

Lalu perut juga akan terasa sakit saat dalam keadaan kosong atau bahkan setelah kita makan 2-3 jam. Bisa juga saat malam hari ketika penderita begadang dan tidak memakan makanan apapun saat itu.

Gejala lainnya adalah cepat merasa kenyang, padahal makanan yang dikonsumsi sedikit. Bahkan pada orang tua, gejala ini mirip dengan penyakit jantung.

Gangguan pencernaan memang bisa disebabkan oleh banyak hal, tidak hanya karena maag. Jika muntah terus-menerus, jumlah asupan makanan berkurang karena tidak nafsu makan.

Bahkan terkadang muntah dibarengi keluarnya darah berwarna merah, kemungkinan ada luka pada usus kamu. Kalau kamu merasakan nyeri pada lambung selama kurang lebih 1 jam hingga sehari penuh, segera ke dokter ya, karena dikhawatirkan ada luka pada lambung kamu.

Setelah kamu mengenali ciri-cirinya, cobalah untuk mengatur pola makan kamu.

Cemilan Sehat (Doc. blog.tokopedia.com)
Cemilan Sehat (Doc. blog.tokopedia.com)

Taukah kamu kalau pola makan yang baik adalah 6 kali sehari dalam porsi yang kecil? Mulai dari sarapan pagi, ngemil di antara waktu sarapan pagi dan makan siang, lalu makan siang, ngemil di antara waktu makan siang dan makan malam, makan malam, dan jika pada malam hari kamu masih merasa lapar boleh memakan cemilan lagi. Tapi cemilan yang dimaksud adalah cemilan sehat ya, misalnya buah, yoghurt, salad, dll.

Hindari makanan yang mengandung lemak berlebih. Karena kandungan lemak berlebih pada makanan menyebabkan kamu merasa cepat kenyang.

Selain itu hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Lebih baik kamu banyak mengonsumsi air putih.

Yuk mulai jalani hidup sehat. Jangan lupa berolahraga ya. Karena sehat dimulai dari diri kamu sendiri!

LEAVE A REPLY