SHARE
Belanja online

“Jangan beli di situs online deh, kalau barangnya jelek kan rugi!”

Jujur, kamu pasti sering dengar komentar-komentar miring seputar belanja online semacam ini. Alhasil, meski sering nemu barang yang OK, kita jadi ragu untuk click “buy” dan akhirnya barang tersebut hanya masuk dalam “wishlist” yang tak kunjung kita beli.

Sebenarnya kalau kamu mau sedikit lebih teliti, belanja online itu punya banyak keuntungan juga lho! Jenis barang yang dijual di sana lebih beragam, mulai dari hal remeh-temeh seperti bubuk cabe, sampai tas bermerk yang harganya bisa buat beli satu rumah. Kamu juga nggak perlu risih karena nggak akan ada mbak-mbak SPG yang selalu ngikutin selama kamu pilih-pilih barang, hehe..

Selain itu, beberapa online shop juga menawarkan COD (Cash On Delivery), yang pembayarannya bisa dilakukan saat kamu bertemu langsung dengan seller. Nah, supaya kamu bisa selalu merasa aman dan nyaman terutama dalam bertransaksi, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat belanja online.

 

Selalu cek kolom likes and comments

testimoni
theenglishcraftsman.co.nz

Ketika kamu sudah menemukan barang yang disukai dan ingin memilikinya sesegera mungkin, jangan keburu untuk membelinya. Pastikan ‘sista’ selalu mengecek kolom komentar di situs yang dikunjungi.

Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengetahui kualitas barang adalah melalui testimony pelanggan di kolom komentar dan rating yang mereka berikan. Jika banyak yang memberikan testimony positif, juga rating bintang lima, maka bisa dipastikan barang tersebut memiliki kualitas ‘yahud’. Trust the majority.

Hal ini juga berlaku sebaliknya ya. Jika banyak yang memberikan komentar negatif, jangan coba-coba untuk membeli barang tersebut. You haven’t seen the product, but they had! Para pelanggan yang memberikan komentar sudah melihat barangnya secara langsung, sementara kamu belum, so trust them.

Jangan sekali-kali mengikuti intuisi dalam membeli barang online. Nggak mau kan duit kamu melayang percuma karena lebih percaya dengan perasaan dibandingkan testimony pelanggan. So, don’t ever forget to check the comments!

 

Pastikan apakah situs online shop tersebut terpercaya

situs terpercaya
cherubmedia.org

Sekarang situs belanja online sudah sangat menjamur. Sebagai pembeli, kita harus cerdas, pastikan barang yang akan kamu beli berasal dari toko/penjual dengan jumlah follower banyak. Follower banyak = kualitas bagus. Baik itu dari segi kualitas barang, pelayanan, kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman, ganti rugi, dan sebagainya.

Selalu sempatkan juga untuk membaca profil toko online tersebut dengan detil dan lengkap, hingga huruf terakhir. Jangan ada yang terlewat sedikitpun. Jika toko tersebut memang tidak memberikan deskripsi tentang profilnya, pastikan testimony pelanggan di home page mereka bagus.

Jangan pilih situs yang mencantumkan sangat sedikit informasi tentang produk ataupun profil mereka, karena semakin banyak dan detil informasi yang diberikan sebuah toko online, profesionalitasnya semakin bagus. We don’t meet face by face, the only thing we know about them is by reading their detailed information. Kalau memperkenalkan tokonya aja nggak bisa, jangan harap mereka bisa professional dalam mengelola transaksi.

 

Sebaiknya jangan melakukan transaksi sendirian

COD
COD via alfa-img.com

Tips ini dikhususkan bagi kamu yang akan bertemu langsung dengan penjual untuk mengambil barang. Beberapa online shop menawarkan pembayaran di rumah.

Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti dihipnotis, penipuan, pembunuhan, sexual harassment, dan kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya, jangan menemui penjual sendirian. Minta teman atau orang terdekat lainnya untuk menemani saat bertransaksi, terlebih ketika kamu janjian bertemu dengan seller di ruang publik.

 

Pastikan foto produk tidak hanya “good in frame”

Model
Modelnya asli lho! via aliexpress.com

Tidak semua online shop memiliki teknik pengambilan gambar yang bagus, namun mereka cukup cerdas dengan menggabungkan foto-foto barang mereka dengan menggunakan aplikasi edit gambar.

Untuk meminimalisir kemungkinan barang itu hanya “good in frame”, coba kamu perhatikan bagaimana mereka mengambil gambar, apakah menggunakan model asli atau model jadi-jadian, eh.. Model asli disini maksudnya model yang memang menggunakan brand mereka dan foto pun diambil oleh pemilik toko langsung, sehingga calon pembeli memiliki gambaran yang pasti saat produk tersebut digunakan. Pilih penjual yang memakai model asli.

Selain itu, sebelum membeli pastikan untuk meminta penjual mengirimkan foto barang yang akan kamu beli, untuk memastikan warna atau modelnya sesuai dengan ekspektasi, karena terkadang warna pakaian dalam gambar bisa jadi berbeda dengan saat barangnya sudah diterima.

Barang sampai
Barangnya udah sampai, sis! via amoreclow.blogspot.com

Ada juga beberapa pembeli lain yang meng-upload foto barang yang mereka terima. Foto-foto tersebut juga dapat kita jadikan bahan pertimbangan untuk akhirnya membeli atau tidak. Non-edited pics tell you all. So sebisa mungkin jangan ragu untuk meminta foto barang kepada penjual.

 

Lakukan secara terus-menerus

Belanja online
Belanja online jadi lebih fun! via thehindubusinessline.com

Setiap kali kamu ingin bertransaksi online, jangan lupa untuk melakukan beberapa tips yang sudah kami beberkan tadi. Situs online bakal menjadi tempat belanja yang menyenangkan jika kita selalu berhati-hati dan teliti, karena kita tidak bisa bertatap muka langsung dengan pemilik toko. So, teliti dan berhati-hati adalah cara yang paling tepat. Keep safe, keep the fun, and enjoy your shopping!

LEAVE A REPLY