SHARE
pexels.com

Di usia kuliah, kamu ibarat sedang latihan untuk menghadapai dunia yang sebenarnya.

Usia dimana teman satu persatu mulai datang dan pergi, usia di mana kamu mulai kemana-mana dan ngapa-ngapain sendiri, usia dimana kamu bisa membawa diri di depan orang dengan baik, usia dimana mulai nggak enak minta uang terus sama orang tua.

Biasanya saat jadi mahasiswa, tiba-tiba aja gitu kita jadi punya insting untuk bisa menghasilkan duit sendiri. Tiba-tiba aja kita pengen mengurangi beban orang tua dengan mulai nggak minta uang berlebihan. Iya sih, orang tua memang masih berkewajiban menanggung semua kebutuhan kamu, tapi kamu pasti lama-lama nggak enak kan minta terus?

Banyak pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa yang nggak bakal ganggu waktu kamu untuk belajar. Yuk kita bahas satu-satu!

 

1. Freelance writer

picsart_09-27-08-05-28
pexels.com

Buat kamu yang hobi menulis atau yang kuliah di Jurusan Sastra dan juga Komunikasi, jadi freelance writer bisa menambah uang jajan kamu, lho!

Jangan sia-siakan bakat menulis kamu! Apalagi kalau kamu jadi freelance writer kamu bisa ngerjain artikel kamu dimana aja. Bisa di kos, dirumah, bahkan bisa ngerjain di café sambil ngopi atau numpang Wi-Fi gratisan, hehehe.

Kamu bisa cari info lowongan kerja untuk freelance writer di internet! Banyak sekali yang membutuhkan jasa penulis untuk menulis entah itu untuk website tertentu atau blog. Selain dapat uang. Kamu juga bisa mengasah kemampuan menulis dan jurnalistik kamu dengan semakin baik lagi!

 

2. Jadi guru les privat

guru-les-privat-sd
lesprivat99.com

Kamu kuliah di Jurusan Matematika? Jurusan Kimia? Jurusan Fisika? Jurusan Ekonomi? Atau bahasa asing? Gunain aja ilmu kamu untuk berbagi sama adek-adek gemes!

Tawarkan jasa kamu ke anak-anak sekolah atau mungkin ke kursus bahasa asing kalau kamu bisa bahasa asing tertentu. Fee untuk guru les privat lumayan lho. Walaupun kamu harus sabar dalam mengajar murid-murid kamu, tapi ada kepuasan tersendiri saat kamu sedang berbagi ilmu yang bermanfaat.

 

3. Part time di toko

kasir-1200x831
mawann.com

Banyak toko-toko yang membutuhkan pekerja paruh waktu. Kamu bisa melamar di minimarket dekat kampus atau mungkin bisa melamar di toko baju.

Banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan dengan kerja part time di toko. Kamu bisa tahu gimana cara me-manage sebuah toko dan bisa belajar jadi kasir juga. Syukur-syukur ilmu yang kamu dapat dari kerja part time di toko bisa bermanfaat dan mungkin suatu hari nanti kamu bisa punya toko sendiri.

 

4. Penyiar radio

snap-2014-12-04-at-15-55-00
pizna.com

Buat kamu yang waktu sekolah sering jadi MC, gimana kalau kamu gunain kemampuan kamu untuk jadi penyiar radio? Banyak lho mahasiswa yang jadi penyiar radio. Apalagi bekerja di radio bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah kamu.

Lingkungan kerja di radio yang asik tentunya bikin kamu jadi nggak stress karena beban kerjaan. Siapa tahu kamu jadi penyiar radio yang terkenal atau mungkin ditawari sebagai MC di acara-acara tertentu.

 

5. Penyanyi café

592x342-raisa-jadi-penyanyi-kafe-di-film-pendek-perdana-150413z
muvila.com

Jangan sia-siakan suara emasmu dengan cuma nyanyi di kamar mandi aja. Banyak café-café cantik yang membutuhkan penyanyi, gimana kalau kamu melamar di café di kotamu?

Pekerjaan sebagai penyanyi café nggak akan mengganggu jadwal kuliah kamu karena biasanya penyanyi café tampil saat malam hari. Jadi siangnya kamu bisa kuliah dan ngerjain tugas, malamnya kamu nyanyi, ilmu dan uang bisa kmau dapatkan deh!

Nah itu dia 5 pekerjaan yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa, nggak susah kan? Selamat bekerja dan menghasilkan uang sendiri, girls!

Baca juga : Katanya Cewek Petualang, Tapi Kok Masih Kaya Gini?

LEAVE A REPLY