SHARE
move-on
www.lifehack.org

Galau setelah putus cinta adalah hal yang lumrah dialami setiap orang. Bahkan sampai ada yang depresi parah dan butuh waktu lama untuk bisa move on.

Kalau kamu termasuk salah satu yang sampai sekarang masih belum  bisa bangkit dari galau berkepanjangan, mungkin bukan karena kamu nggak bisa, tapi karena kamu nggak mau melakukannya. Karena pada dasarnya move on itu bukan soal kemampuan tapi kemauan. Ingatlah pepatah ‘Dimana ada kemauan disitu ada jalan.’

Galau yang tak berkesudahan hanya akan membuang-buang waktu kamu aja, sementara kamu nggak tahu kalau si dia disana akan se-depresi kamu atau nggak. Gimana kalau ternyata dia happy-happy aja?

Ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu sadari untuk bisa lepas dari bayang-bayang mantan.

 

Apa yang harusnya kamu lakukan pertama kali?

Inilah akar dari permasalahannya. Kesulitan yang biasanya dirasakan orang-orang yang susah move on adalah belum mau menghapus bayang-bayang mantan.

Emang gimana caranya menghapus bayang-bayang mantan? Kamu bisa lakukan mulai dari hal-hal yang sederhana seperti menghapus conversation kamu sama dia. Hapus deh tuh sms, chating-an, foto, barang-barang kenangan, nomor hp dia, dan lain-lain sampai nggak ada lagi yang tersisa.

Sekejam itu kah? Kita kan nggak boleh mutusin tali silaturrahmi, dosaa! Keliatannya sih kejam, tapi ini adalah cara terbaik untuk melupakan. Bukan berarti juga kamu bertindak seolah menyingkirkan musuh paling berbahaya. Soal apa yang akan terjadi ke depan itu masalah belakangan, toh kamu dan dia juga nggak akan pernah tau kan? Tapi ini adalah langkah awal supaya kamu juga bisa lebih menghargai diri sendiri.

 

Terlalu mencintai

Coba kamu ingat-ingat! Jangan-jangan susahnya kamu untuk move on karena kamu terlalu mencintai dia. Tau kan kalau segala sesuatu yang serba terlalu itu nggak baik. Makan aja kalau porsinya kebanyakan bisa muntah.

Sama halnya dengan sebuah hubungan. Mungkin dulu kamu pernah mengistimewakan dia dan melakukan segala hal untuk dia. Kamu sering berekspektasi tinggi terhadapnya sampai bikin kamu lupa bahwa masih banyak hal yang lebih penting untuk dipikirkan. Pada akhirnya, ketika ekspektasi nggak sesuai dengan realita kamu akan merasakan kecewa yang sangat dalam.

Nah, ketika semuanya sudah terjadi, hal yang bisa memotivasi kamu untuk bangkit hanyalah rasa percaya bahwa setiap kejadian selalu ada hikmahnya. Dengan begini, kamu jadi tau cara yang tepat untuk mencintai seseorang dikemudian hari.

 

Banyakin ibadah, kamu punya Dia yang Maha Menolong

Bukan rahasia kalau tempat curhat paling ampuh pada masa-masa galau adalah Tuhan. Bisa jadi susahnya kamu untuk move on karena kamu jarang ibadah, jarang deket sama Tuhan.

Meskipun kamu memiliki sahabat karib atau keluarga yang mau dengerin keluhan kamu, tapi mereka bukan dewa yang bisa kasih solusi mutakhir untuk menyelesaikan masalahmu. Mereka mungkin bisa kasih saran, tapi semua balik lagi ke diri kamu sendiri.

Sedangkan dengan beribadah, setidaknya kamu bisa merasa tenang untuk beberapa waktu sambil menunggu pertolongan Tuhan. Mungkin alasan kenapa kamu putus dengan si dia adalah cara Tuhan menjaga kamu dan mempertemukan kamu dengan yang lebih baik. Tapi, jangan cuma pas galau aja ibadahnya, setelahnya juga harus rutin yaa.

 

Sibukkan diri dengan hal-hal yang produktif dan menyenangkan

Biar otak dan hati lebih fresh, kamu bisa awali dengan melakukan hal apa aja yang kamu suka. Ketemu teman lama untuk sekadar ngopi sambil ketawa-ketiwi bisa jadi penghilang stress. Kamu juga bisa jalan ke toko buku, main ke wahana rekreasi, atau piknik (galau juga bisa disebabkan kurang piknik, eh). Setelah itu kamu sibukkan diri dengan hal-hal produktif sambil belajar jadi pribadi yang berkualitas.

Dengan begitu, kamu akan lupa dengan masalahmu dan bisa lepas dari bayang-bayang mantan. Terkadang menyembuhkan luka juga nggak selalu bisa dengan obat, karena setidaknya obat juga perlu WAKTU untuk bereaksi.

Sekali lagi, semuanya akan mudah dijalanin kalau kamu MAU. Ingat juga kalau jodoh itu nggak akan datang hanya dengan status pacaran, juga nggak akan hilang hanya dengan putus cinta. Percayalah bahwa ada seseorang yang tepat yang sedang dipersiapkan Tuhan untuk kamu, selagi kamu juga mempersiapkan diri. Intinya, move on itu bukan hal yang sulit dilakukan, kamu cuma perlu GERAK!

Baca juga : Malam Minggu Nih, Jadi Jomblo Berkualitas atau Jomblo Ngenes?

 

LEAVE A REPLY