SHARE
ballet_flat_shoes
www.fashioncentral.pk

Flat shoes masih menjadi pilihan favorit banyak perempuan. Selain simpel dan tetap modis, memakai flat shoes juga lebih nyaman digunakan saat beraktivitas sehari-hari.

Belum lagi dengan cerita-cerita yang mengatakan memakai high heels terlalu lama dapat menyebabkan kaki sakit, dan tentunya pegal. Jadi flat shoes dirasa merupakan pilihan yang tepat. Padahal, memakai flat shoes juga mengandung risiko lho.

Kamu tahu gak, flat shoes yang biasa kita pakai dan ada dimana-mana (biasanya jenis ballerina pump) dapat menyebabkan plantar fasciitis atau nyeri pada tumit kaki kita. Nyeri di tumit itu baru permulaannya aja, kalau udah parah urat tendon di kaki kita bisa robek. Bahkan gak cuma sampai di situ, nyerinya bisa lanjut sampai ke lutut dan pinggul.

Akibat lainnya juga dapat membuat telapak kaki kita datar atau biasa dikenal dengan istilah flat feet. Flat feet itu sebenarnya faktor genetik, tapi karena pemakaian sepatu yang salah bisa aja tau-tau telapak kaki kita jadi datar.

Image result for kaki datar
Bahaya yang ditimbulkan memakai flat shoes yang terlalu rata, dari id.wikihow.com

Bukan berarti karena menyebabkan rasa sakit di kaki, terus kita gak boleh pakai flat shoes. Pakai flat shoes gak masalah asalkan flat shoes-nya yang gak benar-benar rata (macam model ballerina pump tadi). Harus ada sedikit haknya dan juga punya sol yang agak tebal untuk menopang keseluruhan badan kita. Jadi telapak kaki kita gak langsung menahan bobot badan saat berjalan.

Dan ada tips sedikit, kalau kamu mau beli sepatu jenis apapun sebaiknya pas sore hari. Soalnya pas pagi hari kaki kita sedang dalam keadaan freezing, nah kaki kita baru kembali ke keadaan semula itu pas siang atau sore hari. Jadi kaki kita gak akan menderita rasa sakit akibat sepatu itu.

Image result for flat shoes with supporting sol
Jaga kesehatan kaki dengan memakai flat shoes yang sol-nya tebal, dari www.pinterest.com

Jadi jangan tergiur sama harga yang murah dan bentuk yang lucu aja. Lihat juga faktor pendukung lainnya. Sol sepatunya tipis atau tebel, enak gak buat dipakai jalan jauh, sempit gak bagian depannya. Ingat selalu utamakan kenyamanan ya!

Baca juga : 10 Jenis Sepatu Paling Aneh yang Pernah Ada, Mau Coba?

 

LEAVE A REPLY