SHARE
tambah gemuk
tambah gemuk

Selama ini kebanyakan orang menganggap puasa adalah salah satu cara paling mujarab untuk menurunkan berat badan. Secara, porsi makan kamu berkurang dari biasanya, yang biasanya tiga kali sehari, jadi dua kali sehari.

Tapi tahukah kamu, kalau nggak disiasati dengan benar, puasa juga bisa jadi penyebab seseorang tambah gemuk lho! Coba deh simak tanda-tandanya berikut ini, bisa jadi kamu termasuk salah satunya.

 

1. Tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur
Tidur setelah sahur via acehonline.info

Selama bulan Ramadhan tentu pola makan kamu berubah untuk sementara. Harus bangun tengah malam untuk makan sahur pastinya bikin kamu ngantuk. Alhasil jadi pengen tidur lagi deh setelah sahur.

Padahal tidur setelah sahur itu tidak dianjurkan lho! Selain bisa menyebabkan kegemukan, tidur setelah sahur juga nggak baik buat fungsi pencernaan kamu.

Nah, tips untuk mengatasinya yaitu lakukanlah kegiatan-kegiatan ibadah setelah sahur seperti tadarus atau membaca buku. Selang dua jam, baru kamu boleh tidur lagi. Dengan cara ini selain dapet pahala, berat badan kamu juga bisa tetap terjaga.

 

2. Bermalas-malasan

bermalas-malasan
Puasa bukan waktunya bermalas-malasan via vemale.com

Walaupun berpuasa, kita harus tetap melakukan aktifitas seperti biasa. So, jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu untuk bermalas-malasan, ya! Kalau kamu nggak banyak gerak, justru membuat puasa semakin terasa lama. Apalagi kalau kamu nggak pengen jadi tambah gemuk.

 

3. Berlebihan saat berbuka puasa

kalap makan
Jangan sampe kalap buka puasanya ya girls! via detik.com

Nggak cuma sahur yang harus diatur, buka puasa juga nggak boleh sembarangan. Hidangan berbuka puasa yang spesial kadang bikin kamu jadi kalap menyantap makanan.

Bikin kekenyangan, bikin ngantuk juga. Bisa-bisa jadi nggak khusyuk untuk solat tarawih. Buat kamu yang nggak mau tambah gemuk, alangkah baiknya lakukan tips berikut ini:

 

  • Berbukalah sewajarnya, awali dengan yang ringan-ringan seperti camilan, karena kemungkinan kamu cuma laper mata. Menyantap makanan setelah puasa berjam-jam akan membuat kamu lebih cepat kenyang.
  • Tidur tidak terlalu malam, maksimal jam 10, supaya bisa bangun sahur tepat waktu.

 

 

4. Tidak olahraga

jalan kaki
Jalan kaki aja! via viva.co.id

Olahraga di bulan puasa nggak harus yang berat-berat kok. Kamu bisa jalan kaki keliling komplek rumah kamu selepas subuh. Atau di sore hari menjelang berbuka, itung-itung sambil ngabuburit lah. Ini akan menjaga berat badan kamu tetap ideal.

 

5. Tidak terbiasa melakukan puasa sunnah

puasa sunnah
Puasa Senin-Kamis yuk! via afahrurroji.net

Bagi umat Muslim, puasa sunnah juga sangat dianjurkan. Selain menyempurnakan ibadah, puasa sunnah sebenarnya bisa melatih kamu supaya nggak kaget pas puasa sebulan penuh.

Jadi begitu bulan Ramadhan tiba kamu sudah terbiasa dengan pola makan yang berubah dan kamu tahu cara mengantisipasinya.

 

6. “Berbukalah dengan yang manis!”  Cermati lagi kata-kata ini!

kurma dan air putih
Kurma sangat baik untuk pengganti energi via blazerracing.blogspot.com

Kalimat ini pasti sering kamu dengar saat memasuki bulan Ramadhan. Tapi kita tidak boleh menelan mentah-mentah pernyataan ini.

Seperti dikutip dari muslimah.or.id, sebenarnya tidak ada hadist yang menyatakan “Berbukalah dengan yang manis”. Itu hanya kekeliruan anggapan masyarakat saja.

Zaman dulu, Nabi umat Islam Muhammad SAW. berbuka dengan buah kurma dan air putih (zamzam). Mungkin karena rasa buah kurma yang manis, maka banyak orang beranggapan makanan manis sangat baik untuk berbuka.

Tapi bukan berarti kita harus menghidangkan segala jenis makanan manis. Justru ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan naiknya gula darah.

 

7. Jarang mengkonsumsi buah dan sayur

no veggies
No veggies via philly.com

Ketika berpuasa otomatis kamu akan kekurangan cairan tubuh karena asupan minum yang berkurang. Nah, untuk antisipasinya kamu bisa menggantinya dengan makan buah dan sayur pada saat sahur dan berbuka.

Hal ini membuat asupan vitamin di dalam tubuhmu tercukupi dan bisa menjaga kesehatan pencernaan kamu. Untuk kamu yang nggak mau gemuk, makanlah buah diawal sebelum menyantap nasi. Buah seperti pisang atau papaya bisa memberikan rasa kenyang, sehingga kamu nggak berlebihan pada saat menyantap hidangan berat.

 

8. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan santan dan berminyak

kolak pisang
Kolak pisang via senengutami.wordpress.com

Sesekali boleh lah berbuka dengan gorengan atau makanan bersantan seperti kolak. Tapi jangan setiap hari kamu makan makanan jenis ini. Bisa-bisa malah menambah lemak dan kolesterol di tubuh kamu. Kamu harus imbangi juga dengan makan-makanan sehat lainnya seperti buah dan sayur.

Itu tadi tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjaga pola makan di bulan puasa. So, puasa kamu bisa lancar, berat badan tetap ideal!