SHARE
fachmycasofa.com

Rambut merupakan mahkota paling indah yang dimiliki oleh setiap perempuan.

Tak jarang berbagai perawatan dilakukan demi menjaga kesehatan rambut. Begitupun dengan perempuan yang mengenakan hijab, walau tak tampak dari luar tapi rambut tetaplah menjadi sesuatu yang harus dijaga.

Perawatan rambut yang sepanjang hari tertutup dengan hijab memang akan berbeda dengan rambut yang tidak selalu tertutup. Kamu juga inginkan memiliki rambut yang cantik alami walaupun menggunakan hijab?

Berikut ada 6 cara merawat rambut kamu untuk kamu yang berhijab.

 

1. Pastikan rambut kering saat mengenakan hijab

http://fachmycasofa.com/
fachmycasofa.com

Sebelum kamu mengenakan hijab, pastikan rambut dalam keadaan kering. Mengenakan hijab saat rambut masih dalam keadaan basah menyebabkan masalah pada rambut, diantaranya menimbulkan bau tak sedap, muncul ketombe karena rambut kamu lembap, gatal-gatal, dan memicu kerontokan rambut.

Jika waktu yang kamu punya sedikit, sebaiknya kamu bisa menggunakan hairdryer untuk membantu menegeringkan rambutmu ya.

 

2. Rutin mencuci rambut

bicarabicara.files.wordpress.com
bicarabicara.files.wordpress.com

Menjaga kebersihan rambut dengan rutin melakukan keramas adalah salah satu cara mudah merawat rambut cantikmu. Jangan salah, rambut yang tertutup justru juga bisa terkontaminasi oleh kotoran, karena rambut yang tertutup hijab ketika mengeluarkan keringat sebagian besar akan mengendap. Inilah yang menyebabkan rambut kamu harus rutin dibersihkan.

Pilihlah sampo yang tepat untuk jenis rambutmu, lengkapi juga dengan conditioner dan masker rambut untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Kamu bisa keramas 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu. Untuk menjaga kesegaran rambut dan membantu memenuhi nutrisi rambutmu, sehabis keramas kamu juga bisa gunakan hair tonic.

 

3. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

1.bp.blogspot.com
1.bp.blogspot.com

Cara berikutnya agar rambut yang kamu miliki tetap sehat saat mengenakan hijab adalah hindari mengikat rambut terlalu kencang. Jika rambut kamu panjang, kamu bisa menggulung atau ikat rambutmu dengan ikatan yang renggang atau pilih ikat rambut yang berbahan lembut.

Hindari juga ikat rambut yang berbahan metal. Mengikat rambut terlalu kencang dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan rambut mudah patah dan bercabang, selain itu kepalamu juga akan terasa pusing.

Baca juga : 5 Cara Ampuh Atasi Rambut Bercabang

 

4. Pilih bahan hijab yang menyerap keringat

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Mengenakan hijab sepanjang hari seringkali membuat rambut dan kulit kepala mudah berkeringat dan lepek. Keringat berlebih juga salah satu yang memicu munculnya ketombe, bau tidak sedap, dan mudah rontok.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah pilih hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun atau kaus, karena pori-porinya dapat melancarkan sirkulasi udara.

 

5. Konsumsi makanan bernutrisi

http://sharingdisini.com/
sharingdisini.com

Untuk menjaga dan merawat kebersihan rambut selain dengan perawatan dari luar, cara lainnya yang juga ampuh adalah dengan kamu konsumsi makanan yang bernutrisi baik untuk rambut seperti makan-makanan yang kaya akan protein, dan makanan yang mengandung vitamin C, B6, dan B12, serta zat besi. Hindari juga makanan yang berlemak tinggi ya.

 

6. Istirahatkan rambutmu

http://4.bp.blogspot.com/
4.bp.blogspot.com

Ketika kamu dirumah, kamu bisa semaksimal mungkin memberikan waktu untuk rambut kamu beristirahat. Terbuka dan tanpa ikatan. Biarkan tergerai agar rambut dapat bernafas, menjadi lebih sehat, dan lebih segar. Cara seperti ini juga sangat efektif agar kamu mendapatkan rambut yang lebih indah dan tetap terjaga kesehatannya.

Jadi dengan menggunakan hijab bukan berarti kamu lupa akan kesehatan rambut ya. Selamat mencoba dan dapatkan rambut cantik alamimu kembali ya, girls!

 

LEAVE A REPLY