SHARE
Wisuda via suryamalang.tribunnews.com

Setelah lulus dan meraih gelar sarjana, masih ada pencapaian-pencapaian yang menanti untuk kamu wujudkan.

Perjuangan menyelesaikan skripsi yang cukup berat ternyata baru permulaan saja. Kelak kamu akan merasakan galau yang bukan lagi karena sebatas berantem sama pacar, putus, atau diphp-in orang.

Galau menyangkut mimpi, masa depan, kehidupan, dan segala yang terlibat di dalamnya ternyata bisa sangat membingungkan ketika kamu telah mencapai titik itu.

Mungkin dulu kamu pikir skripsi adalah langkah terakhir. Tapi ternyata salah besar, ada yang lebih pelik untuk diselesaikan dengan penuh tanggung jawab.

Usai kuliah dan mendapat gelar sarjana, boleh kok kita rayakan dengan penuh sukacita. Apalagi bila kamu sudah tahu kemana selanjutnya melangkah.

Sayangnya, banyak pula yang belum ada persiapan dan belum memikirkan apa yang seharusnya dilakukan. Jadi malah menambah beban angka pengangguran di Indonesia.

Ada baiknya kamu pikirkan dan persiapkan matang-matang biar ga menyesal kemudian. Layaknya memasuki bangunan baru, untuk bisa masuk ke dalamnya ada banyak pintu yang harus kamu pilih setelah satu pintu terlewati.

 

 1. Bekerja

Work via www.careerln.com
Work via www.careerln.com

Kebanyakan orang memilih mencari pekerjaan setelah lulus kuliah. Entah sesuai passion, latar belakang pendidikan, atau apapun asal bisa punya penghasilan sendiri dan ga bergantung pada orang tua.

 

 2. Melanjutkan Studi S2

Kuliah via www.chanelmuslim.com
Kuliah via www.chanelmuslim.com

Untuk yang masih punya ketekunan dan keinginan belajar yang tinggi, biasanya memilih melanjutkan S2. Bisa dengan mencari beasiswa dalam maupun luar negeri atau biaya dari orang tua. Yang jelas selagi orang tua masih mampu membiayai dan terus mendukung pendidikan kita, kenapa tidak?

 

3. Buka Usaha

Enterpreuner
Enterpreuner via wirausahaislam.com

Nah ini yang agak sulit dan butuh modal. Bukan hanya modal uang, tapi juga tekad dan penguasaan bidang usaha yang sangat penting dimiliki. Agar usaha dapat berjalan dengan lancar.

Banyak juga kok yang berhasil mengembangkan bisnis startup karena keuletan.

 

4. Menikah

Menikah via www.vemale.com
Menikah via www.vemale.com

Pilihan ini ga hanya berlaku untuk kaum perempuan. Walaupun memang biasanya banyak perempuan dilamar ketika sudah lulus kuliah.

Untuk laki-laki pun bila memang sudah ada calon, kemauan dan kemampuan. Menikahlah. Sebab berjuang bersama lebih indah daripada berjuang sendirian, hehehe…

Setiap pilihan selalu punya risiko dan semua ada di tangan kamu. Tapi jangan lupa diskusikan dengan orang terdekat seperti keluarga, dan selalu berdoa.

LEAVE A REPLY