SHARE
healthambition.com

Walaupun kamu masih muda dan banyak energi, kamu tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh.

Dengan menjaga kesehatan tubuh sedini mungkin, maka kamu akan mengurangi resiko terkena penyakit yang biasa dialami orang tua seperti penyakit gula, darah tinggi, atau stroke.

Penelitian menyatakan bahwa kita akan sulit mengubah kebiasaan kita setelah berumur 23 tahun. Bayangkan deh kalau kamu hobi makan junk food, fast food, atau sering makan mie instan, apa yang akan terjadi saat kamu tua nanti? Hiiii jangan sampai kamu jadi sakit-sakitan dan membuat hidup kamu terbatas sehingga melewatkan berbagai macam makanan enak, karena sejak muda sudah malas menjaga kesehatan.

Makanya ayo mulai dari sekarang jaga kesehatan tubuh kamu! Mulailah dengan mengubah kebiasaan kamu yang jelek, rajinlah olahraga (yang satu ini emang sulit banget sih buat kamu yang nggak doyan capek atau keringetan), dan rajin mengkonsumsi makanan yang sehat!

 

Super food selection for health diet in porcelain bowls over distressed wooden background.
huffingtonpost.com

Memang yang namanya menjaga kesehatan itu gampang-gampang susah, harus ada komitmen dan disiplin yang tinggi dari diri kita sendiri. Terutama mengubah kebiasaan jelek, memang yang paling susah diantara ketiga tips diatas.

Nah gimana kalau kamu mulai mengubah pola hidup kamu dengan mengonsumsi makanan organik? Berhubung cewek-cewek doyan makan, megonsumsi makanan organik bisa jadi salah satu cara agar lebih sehat kalau kamu memang masih malas untuk mengubah kebiasaan jelek dan juga malas berolahraga. Yuk kita kenalan sama makanan organik.

 

foodguruz
foodguruz.com

Sesuai dengan namanya, makanan organik adalah bahan pangan yang diproduksi dengan cara pertanian organik. Artinya bahan pangan ini dijamin bebas dari pestisida maupun bahan kimia lainnya.

Eiitssss, jangan pikir makanan organik cuma sayuran aja ya, tapi ada daging juga lho! Hasil olahan hewan organik adalah hewan-hewan yang diternak dengan cara ‘peternakan organik’ juga. Maksudnya, pakan ternak untuk hewan-hewan ini tidak mengandung bahan kimia, atau antibiotik. Bahkan hewan-hewan yang diternak dengan cara organik ini memiliki ruang lingkup yang tidak terbatas.

 

Keunggulan Makanan Organik

healthambition
healthambition.com

Bahan pangan organik diproduksi sesuai standar yang berlaku. Beras, daging, sayuran, buah-buahan, telur, susu dan udang adalah beberapa produk makanan organik yang baik untuk dikonsumsi. Kamu pasti pernah dengar kan istilah you are what you eat? Kalau kamu rajin makan makanan organik, artinya kamu akan lebih sehat karena makanan organik punya beberapa keunggulan yaitu:

 

1. Lebih banyak nutrisi

Karena makanan organik tidak menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya, maka nutrisi yang terkandung dalam bahan pangan organik mempunyai kandungan nutrisi yang tidak menurun dan jauh lebih aman karena tidak ada bahan kimia.

 

2. Tidak menggunakan pestisida

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung pestisida tidak baik untuk tubuh karena pestisida akan mengendap di dalam tubuh kamu. Karena makanan organik bebas dari pestisida, pastinya akan jauh lebih aman untuk dikonsumsi.

 

3. Ramah lingkungan

Ternyata membudidayakan makanan organik dapat mengurangi pencemaran udara, air, tanah, menghemat air, mengurangi erosi, dan meningkatkan kesuburan tanah, lho! Pas banget dengan bumi kita yang mulai rusak di sana-sini, kita bisa membantu menyelamatkan lingkungan secara tidak langsung dengan mengonsumsi makana organic.

 

Kelemahan Makanan Organik

theguardian
theguardian.com

Walaupun makanan organik mempunyai keunggulan yang bermanfaat untuk tubuh dan lingkungan kita, tapi ternyata makanan organik juga mempunyai kelemahan, yaitu:

 

1. Lebih mahal

Karena makanan organik butuh modal dan usaha yang lebih besar, maka harga makanan organik jauh lebih mahal dibandungkan dengan makanan non-organik.

 

2. Sulit ditemukan

Walaupun sudah mulai populer, namun makanan organik masih sulit ditemukan. Produsen makanan organik memang masih jarang di Indonesia. dan makanan organik hanya tersedia di supermarket besar di kota-kota besar tertentu saja. Jadi buat kamu yang tinggal di kota kecil pasti akan sulit menemukan makanan organik.

 

3. Lebih cepat membusuk

Makanan organik adalah makanan yang tidak mengandung bahan pengawet, maka dari itu makanan organik akan lebih cepat membusuk. Solusinya, habiskan makanan organik dalam waktu singkat setelah pembelian dan jangan menyimpannya terlalu lama.

Itu dia infromasi seputar makanan organik beserta keunggulan dan kelemahannya. Tentunya makanan organik adalah makanan terbaik untuk tubuh kamu. Jadi kamu akan pilih makanan ‘sampah’ atau makanan organik, girls?

Baca juga : 6 Jenis Jamu Yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan Karena Khasiatnya

LEAVE A REPLY