SHARE
http://juicemigourmet.com/

Tidur mungkin sebuah perkara yang mudah. Bahkan untuk sebagian orang tidur hanya membutuhkan tempat.

Kapanpun butuh tidur, seseorang bisa melakukannya dengan segera dan bangun kembali setelahnya dengan tubuh yang lebih segar.

Tapi ada juga sebagian orang yang justru mengalami sebaliknya. Tak sedikit yang mengalami kesulitan tidur. Badannya lelah, tapi mata sulit untuk terpejam. Membolak-balikkan tubuh berjam-jam dikasur karena tak kunjung mengantuk, bisa-bisa membuatmu menjadi frustrasi dan semakin sulit tertidur.

Jika kamu merasa sulit tertidur malam demi malam, dan mulai merasa aktivitas pagi harimu terganggu, berikut ada 5 cara supaya kamu bisa tertidur cepat dan tidurmu berkualitas.

 

1. Kurangi cahaya

Untuk kamu yang sulit tidur, cobalah untuk matikan seluruh lampu yang ada di kamarmu. Ruang yang gelap gulita dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon yang dapat menginduksi rasa kantuk. Ruang yang gelap juga bisa membuat otak berfikir sudah saatnya tubuh untuk tertidur.

http://3.bp.blogspot.com/
http://3.bp.blogspot.com/

Tapi untuk kamu yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, cobalah untuk tidur dengan menggunakan cahaya lembut dari lampu kecil. Lampu tidur dengan cahaya lembut juga dapat memicu siklus tidur alami kita.

 

2. Matikan alat elektronik

Selain cahaya lampu, peralatan elektronik yang ada di kamar kamu juga sebaiknya dimatikan, kecuali pendingin ruangan atau kipas angin loh ya!

http://i.dailymail.co.uk/
http://i.dailymail.co.uk/

Peralataan elektronik seperti laptop, televisi, dan gadget lainnya sangat berpengaruh dengan tingkat kesulitan tidurmu. Mungkin kamu masih fokus dengan pekerjaan dan membiarkan laptopmu menyala, atau kamu selalu asik dengan ponselmu sehingga ketika kamu hendak tidur pun harus membuka ponsel terlebih dahulu, entah membalas pesan penting atau hanya ber-scrolling di media sosial. Untuk kamu yang ingin tidur cepat, matikan atau jauhkan gadgetmu minimal satu jam sebelum tidur ya.

 

3. Berendam air hangat

Cara lain yang juga ampuh bisa membuatmu tidur cepat adalah berendam air hangat. Lakukan mandi air hangat sekitar 20 menit sesaat sebelum tidur. Selain membuat tubuh terjaga dengan keadaan bersih, mandi air hangat juga bisa mengurangi stres dan menjernihkan pikiran.

2.bp.blogspot.com
2.bp.blogspot.com

Mandi dengan air hangat dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendinginkan karena pada saat tubuh terkena air hangat maka suhu tubuh akan meningkat dan menurun secara cepat ketika selesai.

 

4. Keadaan kamar tidur

Keadaan lingkungan tempat untuk kamu tertiudr juga sangat berperan penting agar kamu bisa tidur cepat dan nyenyak. Jagalah suhu ruangan yang tepat agar sesuai dengan kenyamanan kamu saat tertidur.

Misalnya kamu bisa gunakan selimut untuk menjaga kehangatan tubuh saat terlelap atau kamu suka berkeringat saat tidur maka gunakanlah baju tidur yang tipis dan mudah menyerap keringat.

http://s8.favim.com/
http://s8.favim.com/

Selain itu, kamu bisa membersihkan terlebih dahulu kasur di kamarmu, merapikan spreinya, atau memilih bantal dan guling yang sesuai dan nyaman.

 

5. Mengatur jadwal tidur

http://4.bp.blogspot.com/
http://4.bp.blogspot.com/

Menjadwalkan jam tidur kamu secara teratur juga merupakan hal yang penting untuk membuat tidurmu berkualitas. Cobalah untuk pergi tidur dalam waktu yang sama setiap harinya, setidaknya pada hari-hari kerja.

Seiring berjalannya waktu, secara alami jam biologis dalam tubuh kamu akan bisa menyesuaikan dan mengenali kapan saatnya kamu tertidur. Sehingga kamu bisa tidur dengan cepat.

Yuk, coba 5 tips diatas!

Baca juga : Ingin Hilangkan ‘Mata Panda’? Ini 5 Caranya!

LEAVE A REPLY