SHARE
https://encrypted-tbn1.gstatic.com

IRIT, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi anak kost masa kini.

Harga makanan yang terus meningkat nyatanya tidak meningkatkan uang jajan yang kamu miliki. Puasa atau diet yang sering dilakukan tanpa disengaja pun juga tidak membantu memecahkan masalah, baik itu masalah perut apalagi masalah isi dompet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa trik cerdas dari cara makan hemat ala anak kost yg dapat kamu ikuti. Tapi ingat ya girls, bisa jadi tips ini cuma bisa diterapkan kalau kamu punya nyali yang kuat. So, jika dirasa bermanfaat silahkan praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena trik ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki keuangan minim atau mungkin lagi kepepet.

 

1. Hindari kantin, kecuali ada traktiran.

Kantin, area kampus terlarang paling utama buat kamu yang mau ngirit, dari http://www.youthmanual.com

Kantin adalah area larangan terbesar yang wajib untuk kamu hindari. Banyak sekali godaan yang muncul dari kantin, baik itu godaan nasi, mie, gorengan, dan godaan laki-laki tentunya. (#eh)

Untuk menghindari godaan tersebut, bawalah uang dengan pas, sehingga pengeluaran pun akan berkurang. Selain itu, pasanglah muka memelas pada teman atau gebetanmu, dan berdo’alah agar beliau mentraktirmu dengan penuh ketulusan.

 

2. Miliki rice cooker adalah harga mati

Benda sulap paling bermanfaat bagi anak kost, dari http://cdn.klimg.com/vemale.com
Benda sulap paling bermanfaat bagi anak kost, dari http://cdn.klimg.com/vemale.com

Beli nasi di luar, baik makan di tempat atau bahkan di bungkus merupakan bentuk pemborosan. Buatlah nasi sendiri supaya lebih irit.

Zaman dulu menanak nasi membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan untuk saat ini, kamu bisa gunakan rice cooker. Benda yang dapat menyulap beras menjadi nasi matang dengan mudah.

Pastikan pula untuk membawa beras dari rumah di kampung halaman tercinta, sehingga pengeluaran uang makan dapat berkurang hingga 50%.

 

3. Modus kondangan

Modus kondangan yang berbahaya, dari http://us.images.detik.com
Modus kondangan yang berbahaya, dari http://us.images.detik.com

Baju batik, amplop kosong, dan kantong plastik adalah hal penting yang wajib kamu miliki. Benar sekali girls! Modus ini sebaiknya tidak kamu ikuti. Tapi kalau kamu kepepet dan memiliki muka tebal tak apalah untuk coba mempraktekkannya.

Modus ini bisa dipraktekkan saat kondisi pesta berada dalam keadaan ramai, seperti ketika ramah tamah atau memasuki acara makan-makan.

Ambillah makanan yang tidak mudah basi dalam jumlah banyak dibandingkan nasi. Setelah duduk, bungkuslah makanan tersebut pada kantong plastik. Sedangkan untuk makan saat itu, kamu dapat mengantri kembali di tempat prasmanan tadi.  Lumayan, trik makan hemat ala anak kost ini bisa mengurangi pengeluaran kamu hingga 1-2 hari ke depan. Nggak usah malu, toh nggak ada yang kenal. Hehe

 

4. Aktif berkegiatan

Konsumsi gratisan ada dimana-mana, dari https://1.bp.blogspot.com
Konsumsi gratisan ada dimana-mana, dari https://1.bp.blogspot.com

Semakin aktif kamu mengikuti kegiatan maka semakin banyak pula kesempatan untuk mendapatkan konsumsi gratis. Tapi ingat, pilihlah kegiatan yang tidak mengeluarkan iuran. Seperti jadi panitian KPU, quick count, atau kepanitiaan di lingkungan warga lainnya.

Untuk kepanitiaan kampus, kamu juga bisa ikut kegiatan wisuda, yang umumnya lebih rutin untuk dilakukan. Selain pengalaman, snack lebih pun bisa kamu bawa pulang.

Bukan hanya itu saja, aktif di kegiatan agama seperti ikut pengajian, solat maghrib dan subuh berjamaah juga bisa memberikan makanan lebih untukmu. Apalagi memasuki bulan suci Ramadhan, dijamin kehidupanmu akan lebih berkah. Jangan modus cari makan gratisannya doang. Ilmunya juga penting lho untuk kebutuhan rohani kamu.

 

5. Cari gebetan atau pacar anak rumahan

Cari makan sama artinya dengan cari pacar atau gebetan, dari http://tango.image-static.hipwee.com
Cari makan sama artinya dengan cari pacar atau gebetan, dari http://tango.image-static.hipwee.com

Trik terakhir ini berkaitan dengan masalah hati. Carilah gebatan atau pacar yang tinggal di rumah mereka sendiri. Jangan pernah cari pasangan sesama anak kost, yang ada nanti kamu tambah bangkrut.

Enaknya punya pacar/gebetan anak rumahan, mereka bisa kasih kamu makan secara gratis. Bahkan kalau kamu jago masak, bukan cuma makanan ajah yang bisa kamu dapetin. Masak sendiri di rumah doi juga gak jadi masalah, yang ada camer tambah suka sama kamu.

Tapi jangan terlalu sering juga ya, seminggu sekali udah cukup kok untuk menghemat uang makan kamu.

Yup, itulah trik cerdas makan hemat ala anak kost. Jangan lupa tag temen se-kostan kamu ya, kali ajah bermanfaat. Ingat, tips ini cuma buat kamu yang punya nyali kuat!

Baca juga : 5 Ide Food Challenge yang Bisa Kamu Jadikan Ajang Seru-Seruan Bareng Sahabat

LEAVE A REPLY