SHARE
http://nordicaphotography.com/

Setiap pasangan pasti memiliki keinginan untuk tetap bersama dalam waktu yang lama.

Terlebih jika kalian berdua sudah sama-sama dewasa, keinginannya tentu saja untuk menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius lagi, yaitu menikah.

Tapi kenyatannya seringkali hubungan yang kita jalani tidak berjalan dengan mulus. Tidak jarang salah satu pihak terlalu cemburu atau masih suka main-main, atau juga masih suka berhubungan dengan seseorang di masa lalunya.

Untuk membuat hubungan yang awet sampai menikah memang susah-susah gampang. Berikut ada 7 cara supaya hubungan kamu bisa berjalan sesuai dengan rencana.

 

1. Jangan terlalu mendominasi

dominating
Nggak cuma sama pasangan, dalam hal apapun kita nggak boleh terlalu mendominasi, dari fablefeed.com

Dalam setiap hubungan antar dua manusia memang selalu akan ada salah satu pihak yang lebih dominan. Eits! Tapi bukan berarti mentang-mentang dia mencintaimu lantas kamu bisa berbuat semena-mena. Jika seperti itu, dipastikan hubungan kamu tidak akan berlangsung lama, karena pasti akan ada pihak yang merasa tertekan.

Saling mengerti satu sama lain adalah salah satu caranya. Sebisa mungkin kamu berusaha untuk bersikap ‘Give And Give’ bukan ‘Take And Give’, supaya kamu juga bisa belajar memahami bagaimana berada di posisi pasangan kamu.

 

2. Saling percaya

trust-in-each-other
Dengan adanya rasa saling percaya, hubunganmu akan bebas dari kecemasan, dari goweloveit.info

Selain saling mengerti, saling percaya juga tak kalah penting untuk menjaga keharmonisan sebuah hubungan. Kamu ga mau kan kalau melulu dicurigai? Setiap pergi ke suatu tempat harus laporan? Dan selalu merasa takut jika dia sedang tidak bersama kamu? You don’t need to worry, girls!

Siapapun butuh ruang untuk bisa mengembangkan dirinya, begitupun dengan kamu. Sibukkan diri kamu dengan kegiatan yang lebih positif dibanding terbuang sia-sia dengan selalu mencurigai kegiatan pasanganmu. Selalu coba beri ruang dan rasa saling percaya dalam setiap hubungan yang kamu jalani ya.

 

3. Sempatkan Ber-‘Quality Time

quality-time
Sekadar duduk berdua untuk bertukar pikiran, akan membuat hubunganmu dan dia awet, dari www.psychologies.co.uk

Menghabiskan waktu berdua adalah hal yang juga penting. Buatlah jadwal untuk kamu bisa bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Tak perlu yang mahal, jauh, dan ribet. Dengan jalan berdua, melakukan hal yang kalian senangi, atau berdiam di satu tempat untuk bisa saling bertukar pikiran satu sama lain bisa juga menjadi salah satu cara ‘Quality Time’ versi kamu.

Sesingkat apapun pertemuan, buat menjadi waktu yang paling berkualitas untuk berdua. Pertemuan sangat mempengaruhi hubungan menjadi semakin dekat dan kuat. Untuk yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, jangan lupa juga untuk tetap membuat agenda bertemu ya.

 

4. Menjadi pendengar yang baik

good-listener
Jadilah pendengar yang baik ya girls!, dari www.booksforbetterliving.com

Selain berbicara, kamu juga perlu untuk belajar menjadi pendengar yang baik untuk pasangan kamu. Jangan maunya hanya didengarkan, pasangan kamu juga butuh menceritakan keluh kesahnya seperti setelah seharian menjalani beratnya aktivitas dia hari ini atau bagaimana perjalanan dia hari ini, dan permasalahan lainnya. Jadilah tempat untuk dia pulang, melepas lelahnya bersama kamu.

 

5. Buat komitmen

komitmen
Bukan hanya keseriusan, komitmen juga menandakan adanya ketulusan, dari youqueen.com

Sebuah hubungan tak akan berjalan jika tak ada komitmen di dalamnya. Berkomitmen untuk tidak mendua salah satunya merupakah hal yang mendasar bagi setiap hubungan.

Selain itu, berkomitmen dalam menyelesaikan masalah juga perlu, bagaimana menyikapi sebuah permasalahan, bagaimana jika nantinya ada pihak-pihak yang membuat hubungan ini tidak begitu berjalan mulus, semua harus dengan komitmen yang disepakati berdua. Ciptakan batasan-batasan sendiri saat kamu dan dia sedang bersama dengan teman atau keluarga.

 

6. Rencana ke depan

planing
Mimpi yang dibangun bersama akan lebih mudah untuk diwujudkan, dari www.theodysseyonline.com

Supaya hubungan kamu tidak berjalan begitu-begitu saja, kamu dan dia bisa juga menyusun rencana ke depan. Membuat rencana akan mewujudkan impian-impian bersama. Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk bisa mewujudkan impian tersebut dengan terus bersamanya sehingga hubungan kamu punya tujuan akhir.

 

7. Komunikasi

texting
Sejauh apapun jarak kamu dan dia, tetap usahakan memberi kabar, dari destinationfemme.com

Dari semua cara diatas tidak akan berarti jika komunikasi diantara kalian berdua tidak berjalan dengan baik. Komunikasi adalah kunci utamanya. Hubungan harus memiliki komunikasi dua arah. Dengan begitu, akan bisa memahami satu sama lain karena semuanya tersampaikan dengan utuh bukan hanya mengira-ngira yang nanti ujungnya hanya menimbulkan kesalahpahaman saja.

Hindari kode-mengkode. Jika kamu kesal katakan, marahlah padanya bukan di sosial media atau pada temanmu. Begitupun jika kamu sedih atau kamu sedang mengharapkan sesuatu darinya, katakan. Komunikasi membuat hubunganmu menjadi lebih mudah. Apapun itu, bicarakan!

Baca juga : Waduh! Ternyata Patah Hati Bisa Sebabkan 4 Penyakit Ini

 

LEAVE A REPLY