SHARE
Generasi Langgas (Penulis Yoris Sebastian, Dilla Amran, & Youth Lab) Doc. Tiffany Diahnisa

Langgas? Mungkin kata ini masih asing di telinga sebagian dari kita.

Langgas sendiri berarti generasi yang bebas. Ya, mereka bebas menentukan pilihan baik sekolah, karir atau profesi, atau menjadi seorang entrepreneur. Istilah ini diangkat oleh OMG Consulting yang dibawahi oleh Yoris Sebatian—Langgas digunakan untuk menyebut generasi millennials atau dikenal dengan generasi Y.

Sebelum mengenali ciri-ciri dari generasi yang ingin serba cepat ini, kenali dulu siapa millennial itu! Mereka adalah orang-orang yang lahir di antara tahun 1980-2000. Dalam bukunya yang berjudul Generasi Langgas, Yoris mengatakan bahwa Indonesia akan menghadapi bonus demografi di mana akan diisi oleh generasi Y yang produktif ini. Hal ini jika dimanfaatkan dengan baik, maka akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Bersumber dari buku tersebut, yuk selami ciri-cirinya!

 

1. Mereka adalah orang-orang yang efisien.

Doc. Tiffany Diahnisa
Doc. Tiffany Diahnisa

Lebih baik ketika memberikan tugas kepada mereka, berikan contoh yang sudah ada. Karena bagi mereka tidak akan membuang waktu. Percaya saja mereka akan membuat hasil kerja yang jauh lebih baik.

Langgas juga memiliki banyak pilihan, tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan penetrasi smartphone, mereka dengan mudah melihat dan menyaring mana yang akan mereka pilih.

Jika ingin membeli suatu produk, umumnya mereka akan melihat dulu review produk/testimoni yang sudah ditulis oleh seorang blogger atau pembeli sebelumnya. Tidak hanya itu, mereka juga mampu mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu/multitasking.

 

2. Yoris membuat karakter millennials Indonesia, yaitu kustomisasi.

anak muda
www.waikato.ac.nz

Langgas akan mengadopsi tren yang sedang untuk mereka sesuaikan dengan budaya dan karakter masing-masing. Mereka juga generasi yang memiliki semangat untuk membangun kotanya loh. Misalnya acara food festival di Bandung yang telah diadakan sebanyak 7 kali.

Langgas juga orang yang dekat dengan keluarga, lebih kritis dalam menyampaikan pendapat, memiliki role model untuk menjadi inspirasi, memiliki konektivitas, dan memiliki kepercayaan diri.

 

3. Mereka tetap berproses dengan gaya mereka sendiri.

produktif
http://liatsini.com/

Mereka bukan generasi instan, tapi generasi serba cepat. Begitu banyaknya peluang dan pilihan yang bisa milenial ambil, ditambah dengan kemajuan teknologi informasi, milenial harus pandai memilah dan memilih konten yang diperlukan, tidak mudah menyerah, berinovasi, dan produktif.

 

4. Tidak hanya itu, mereka harus fokus pada ikigai atau a reason to wake up each morning.

Doc Tiffany Diahnisa
Doc Tiffany Diahnisa

Orang Jepang percaya tiap orang memiliki ikigai. Ini dimulai dengan pertanyaan, ‘bidang apa yang kamu sangat kuasai?’, lalu ‘apa yang kamu sukai?’, ‘apakah dunia membutuhkannya?’, sehingga ‘bisakah kamu menghasilkan uang dari hal itu?

Apakah kamu termasuk dari generasi perubahan ini? Kenali diri dan mulai susun ikigai kamu!

Sumber: Buku Generasi Langgas, Yoris Sebastian
Foto: Doc. Tiffany Diahnisa

Baca juga : Perempuan Harus Pintar Agar Tidak Tergerus Zaman

 

LEAVE A REPLY