SHARE
matawong.com

Kacamata merupakan alat bantu penglihatan yang digunakan agar mata bisa melihat lebih jelas.

Namun, adakalanya si pengguna kacamata ingin mengganti dengan alat bantu penglihatan yang lebih simple, Softlens.

Untuk kamu yang menggunakan softlens, seringkali merasa khawatir akan timbulnya iritasi pada mata, terutama pada saat menggunakan make up. Berikut ada 5 cara untuk kamu tetap aman merias wajah walaupun menggunakan Soflens.

 

1. Membersihkan wajah dan tangan

http://65.media.tumblr.com
http://65.media.tumblr.com

Mata merupakan bagian tubuh yang paling sensitif, untuk itu perlu treatment yang sedikit lebih rumit dibandingkan bagian wajah lainnya.

Langkah pertama yang dilakukan sebelum make up adalah membersihkan wajah dan tangan. Pastikan tangan kamu terhindar dari kuman untuk meniminalisir kemungkinan mata terkena iritasi. Pastikan juga wajahmu bersih dari sisa krim atau debu yang menempel.

Sebaiknya sebelum kamu merias wajah, lakukan pemasangan lensa kontak pada mata terlebih dahulu, agar riasan wajah tidak rusak jika kamu memasang setelahnya. Pastikan juga saat kamu memasang softlens, tangan dalam keadaan kering ya!

 

2. Pakai produk bebas minyak

081442900_1461243148-kmpnn
http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Sebaiknya gunakan produk make up yang memiliki formula bebas minyak untuk kamu yang ingin ber-make up tapi tetap aman dengan menggunakan softlens. Ini dikarenakan minyak diwajah dapat ‘berjalan-jalan’ ke seluruh penjuru wajah dan akan berujung ke bagian mata, akibatnya lensa kamu bisa menjadi blur dan mengganggu penglihatanmu.

Menggunakan produk kecantikan yang bebas minyak juga bertujuan untuk menghindari lensa terkena noda yang dapat mengakibatkan iritasi pada mata kamu. Hindari penggunaan foundation atau alas make up yang terlalu dekat dengan mata.

 

3. Gunakan produk bertekstur ringan

http://cdn.klimg.com
http://cdn.klimg.com

Selain menggunakan produk kecantikan yang bebas minyak, kamu juga perlu memilih produk yang bertekstur ringan, seperti krim misalnya. Ini dikarenakan produk yang berbahan krim ketika digunakan akan pekat atau menempel pada wajah. Berbeda dengan produk berbahan bubuk atau powder yang bisa saja masuk ke dalam mata dan mengenai softlens yang kamu gunakan loh!

 

4. Pilih maskara yang tepat

http://www.benesserebellezza.net
http://www.benesserebellezza.net

Untuk penggunaan maskara, kamu juga perlu memilih bahan yang tahan air atau waterproof, karena maskara jenis ini dapat mencegah riasan kamu berantakan. Hindari juga maskara yang menimbulkan gumpalan dan menciptakan hasil yang terlalu kaku,  karena dikhawatirkan gumpalan tersebut dapat jatuh dan masuk ke dalam mata.

Sebaiknya, gunakan maskara secara perlahan dan menghindari penggunaannya sampai ke pangkal bulu mata untuk menghindari maskara mengenai softlens yang sedang kamu gunakan.

 

5. Memakai Eyeshadow

http://pluslifestyles.com
http://pluslifestyles.com

Perempuan yang menggunakan softlens tentunya juga ingin menonjolkan riasan pada matanya. Riasan pada mata dapat didukung dengan penggunaan berbagai warna dari eyeshadow. Cara aman agar tetap bisa menggunakannya walaupun memakai softlens yaitu pilih eyeshadow yang berbahan krim atau liquid dan bebas pewangi untuk meminimalisir timbulnya iritasi pada mata.

Namun jika kamu tetap menggunakan eyeshadow bubuk, pakailah pelan-pelan dan tutup mata sepenuhnya saat kamu menyapukan eyeshadow di kelopak mata.

Nah, Sekarang kamu jadi bisa lebih berhati-hati kan saat menggunakan make up dengan softlens!

Baca juga : Baru Belajar Makeup? Kamu Harus Punya Barang-Barang Ini!

LEAVE A REPLY