SHARE
bullying

Tidak semua orang bisa menghadapi kritikan dengan bijak. Meskipun kritikan akan membuat kita lebih baik, tapi nggak sedikit yang kadang risih dengan kritikan. Termasuk dalam hal berbusana.

Kamu pasti pernah menerima kritikan pada penampilan kamu. Nggak jarang ada orang bilang “Baju kamu kurang matching deh!”, atau bahkan “Perasaan baju lo itu-itu mulu.” Kalau udah begini, pengen rasanya bilang “Hey, masalah buat lo?”.

Kata-kata semacam itu pastinya terdengar nyebelin banget. Terus gimana cara ngadepinnya? Coba kamu simak beberapa tips dari Pedava ini biar kamu nggak naik darah menghadapi orang-orang semacam itu.

 

Terima Kritikannya

terima
Dengerin dulu pelan-pelan via popbela.com

Pertama, cobalah untuk take a positive things. Selagi mereka mengkritik penampilan kamu untuk jadi lebih baik, ini justru menguntungkan dong buat kamu! Mungkin aja saran mereka emang bener dan bisa membuat kamu lebih baik dalam berpenampilan.

 

Cuekin aja

Cuek
Cuek aja via jurukunci.net

Beberapa orang yang memang terlihat sering menggunakan pakaian yang sama biasanya adalah orang yang cuek. Nggak peduli orang mau ngomong apa, yang penting dia nyaman sama apa yang digunakan. So, kenapa kamu harus pusing-pusing?

Beberapa saran mungkin akan sangat berguna buat kamu. Tapi kalau kamu rasa “nih orang kok nggak habis-habis ya ngritiknya”. Cuekin aja! You have your own way, girls! Kamu nggak harus merubah sesuatu yang sebenarnya kamu nggak nyaman hanya karena pendapat orang.

 

Kamu nggak sendirian

Kamu juga perlu ingat kalau nggak semua yang suka mengkritik kamu itu lebih baik. Coba kamu perhatikan cara berpakaian Mark Zuckerberg atau Steve Jobs.

zuckerberg
Zuckerberg via adweek.com
steve jobs
Steve Jobs via favim.com

Billionaire sekelas mereka ternyata nggak musingin cara berpakaian. Bahkan Mark Zuckerberg sering kedapatan memakai baju yang sama dalam banyak acara yang berbeda.

Ini dikarenakan orang-orang seperti mereka selalu ingin melakukan hal yang berguna, dan nggak ingin membuang-buang waktu untuk sekadar milih baju. Mereka yang suka ngritik mah nggak ada apa-apanya! Hehe..

 

Sekali-kali boleh lah update info tentang trend fashion

update
Update info, ya! via forbes.com

Daripada harus sering-sering makan ati gara-gara kritikan orang, coba deh luangin waktu buat baca-baca info tentang fashion atau nonton TV acara fashion.

Nggak ada salahnya kan kamu meng-upgrade informasi untuk memperluas wawasan kamu. Dengan begitu, kamu akan punya banyak referensi untuk penampilan kamu.

 

Tetap percaya diri

confidence
PD aja lagi! via successpraxis.com

Ingat! Fashion tidak harus melulu tentang trend. Kamu nggak harus mengikuti trend jika itu nggak sesuai dengan diri kamu.

Fashion itu tentang expresi. Memakai pakaian yang kamu suka dan kamu nyaman tanpa harus peduli apa kata orang. Ketika seseorang percaya dengan dirinya sendiri dan apa yang dia pakai, maka aura percaya dirinya akan keluar secara alamiah.

Penampilan memang penting, tapi jangan sampai membuat kamu jadi pusing dan ribet sendiri ngurusinnya. Apalagi ngurusin hidup orang, ya nggak?