SHARE
www.workitdaily.com

Sofa dirumah mudah membuatmu nyaman untuk berlama-lama berdiam disitu? Atau pekerjaanmu mengharuskan kamu untuk duduk sepanjang hari?

Tanpa disadari sebagian besar dari kita memiliki aktivitas atau pekerjaan yang mengharuskan kita melakukannya dengan duduk terlalu lama. Terlebih jika kita sedang asik atau sudah fokus dengan yang dikerjakan, terkadang membuat kita lupa bahwa duduk terlalu lama itu berbahaya.

Banyak orang yang tidak memikirkan dampak buruk bagi tubuhnya jika berlama-lama duduk. Tahukah kamu beberapa penilitian menyatakan bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan resiko penyakit yang menyebabkan kematian. Berikut ada beberapa hal yang membahayakan kesehatan kamu jika kamu duduk terlalu lama.

 

1. Gangguan postur tubuh

http://www.jointessential.com/
http://www.jointessential.com/

Resiko penyakit yang berhubungan dengan postur tubuh seseorang dapat dipengaruhi dengan cara kita duduk. Gangguan ini memang tidak berakibat secara langsung, namun akan terasa dalam jangka panjang jika kita terus menerus duduk dengan cara yang buruk.

Tulang belakang merupakan penopang tubuh saat kita duduk. Tekanan yang diberikan kepada tulang belakang dalam waktu yang cukup lama akan memberikannya beban lebih dari kemampuan biasanya menopang tubuh kita. Ini salah satu yang menyebabkan gangguan postur tubuh.

Selain tulang belakang, duduk terlalu lama juga bisa memberikan efek buruk pada sendi panggul. Posisi duduk yang sama pastinya menyebabkan tubuh kamu tak banyak bergerak dalam beberapa waktu, ini yang akan menjadi penyebab gangguan terhadap fungsi sendi panggul dan menurunkan sifat fleksibilitasnya.

 

2. Nyeri punggung dan leher

http://home.bt.com/
http://home.bt.com/

Mengalami nyeri punggung dan leher sangat sering di temukan pada orang-orang kantoran. Berjam-jam duduk didepan komputer, terlalu fokus dan lupa akan kesehatan tubuhnya. Duduk dalam waktu yang cukup lama akan membuat punggung terasa nyeri karena otot menjadi kaku.

Begitupun dengan leher, ketika kita terlalu lama menghadap komputer atau sesuatu tanpa melakukan peregangan tiap 15 menit sekali, tak ubahnya leher kita akan senasib dengan punggung. Sama-sama nyeri. Jika ini dilakukan secara terus menerus, maka dapat menyebabkan gangguan permanen pada punggung dan leher kita.

 

3. Diabetes

diabetes
www.demoshealth.com

Seseorang yang memiliki pola hidup dengan duduk dalam waktu yang cukup lama dan rutin, memiliki resiko mengalami penyakit diabetes lebih tinggi dan kehilangan kemampuan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Ketika kamu duduk terlalu lama maka akan menurunkan kinerja pankreas. Bahkan ketika kita baru duduk selama 1 jam dan sedikit bergerak maka produksi insulin dalam tubuh sudah berkurang banyak. Insulin merupakan hormon penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mengatur metabolisme karbohidrat dan mengatur kadar gula dalam darah yang dihasilkan oleh Pankreas.

 

4. Sakit jantung

sakit-jantung
indianexpress.com

Sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan didunia, sebaiknya kita wajib menjauhi jenis penyakit yang satu ini. Duduk terlalu lama adalah salah satu penyebab kita bisa terserang penyakit jantung.

Penyebabnya adalah ketika kita duduk ditempat yang sama dan sedikit bergerak maka akan menurunkan kinerja metabolisme tubuh, serta berkurangnya intensitas aliran darah ke seluruh tubuh termasuk jantung.

Akibatnya akan ada banyak lemak yang menumpuk pada otot dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan jantung.

 

5. Penyakit mental

http://bookboon.com/
http://bookboon.com/

Terlalu lama duduk tidak hanya menggangu kesehatan fisikmu, tetapi dapat juga menyebabkan kesehatan mentalmu menurun. Duduk dalam posisi yang sama dan memiliki aktivitas fisik yang sedikit juga mempengaruhi asupan darah dan oksigen ke dalam otak yang mengakibatkan adanya gangguan fungsi otak. Akibatnya, seseorang akan sulit fokus dan kehilangan konsentrasi.

Tanpa disadari seseorang yang memiliki pola rutin duduk terlalu lama akan memiliki tingkat stress dan depresi yang lebih tinggi, selain itu banyak penyakit yang mengancam kesehatan kita juga. Dengan melakukan gerakan ringan dan banyak minum air putih akan mengurangi resiko bahaya karena duduk terlalu lama.

Jadi, mulai sekarang kita coba untuk banyak bergerak yuk!

Baca juga : Ternyata Patah Hati Bisa Sebabkan 4 Penyakit Ini!

 

LEAVE A REPLY